Meningkatkan Kemampuan Menulis Aksara Bali Menggunakan Model Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together)

Penulis

  • Nyoman Mei Resmianti Mahasiswa
  • Ida Ayu Sukma Wirani
  • Ida Bagus Putra Manik Aryana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.62531

Kata Kunci:

pembelajaran, kooperatif, menulis, aksara , bali

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menerapkan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan nyurat aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (2) Model Kooperatif tipe NHT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (3) Pendapat siswa mengenai penerapan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori, yaitu: model Kooperatif tipe NHT, keterampilan menulis, dan aksara Bali. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran menulis aksara Bali serta kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali meningkat dari data awal dengan rata-rata 67,5 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,94 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,47. (2) Hasil pendapat siswa pada pembelajaran menulis aksara Bali dengan model Kooperatif tipe NHT meningkat dengan rata-rata 19,34 kategori baik pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata 23,40. Dengan diterapkannya model Kooperatif tipe NHT sebagai salah satu model inovatif mampu meningkatkan semangat kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Referensi

A’la, M. (2010). Quantum Teaching. Jogjakarta: Diva Press.

Adnyana, I Ketut Suar; Juniawati, Ni Kadek. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mentransliterasi Siswa Kelas VIII H SMA Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Seni. Vol 10 No. 2https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/1986 Diakses pada 24 Oktober 2022.

Afandi, Muhamad; Evi Chamalah; dan Wardani, Puspita. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Arikunto, Suharsimi. (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamzah. B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Ibrahim, Muhsin dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Indrawan, Rully dan Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

J. Moleong, Lexy. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Juanda, Anda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Kholis, Nur. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol 2 No. 1. Diakses pada tanggal 26 November 2022. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/76

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pujo, Muhammad; Nurasiasih, Iis; Lyesmaya, Dyah. (2019). Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Di kelas Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.Vol 3 No. 1http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/106326/102409Diakses pada 24 Oktober 2022.

Sariani, Ni Wayan. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Aksara Bali Siswa Kelas IX. 10 SMP Negeri 1 Kuta Selatan Thaun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “NHT”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni. Vol 8 No. 1 https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/stilistika/article/view/582. Diakses pada 24 Oktober 2022.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2006) . Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi PAIKEM ).

Suwija, I Nyoman. (2021). Kiat-kiat Pemerintah Daerah Bali Memelihara Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Prosiding Seminar Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (PEDALITRA I). FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia: 27 Oktober 2021. Hal. 241-248.

Suwija, I Nyoman. 2014. Pasang Aksara Bali. Denpasar: Percetakan Pelawa Sari.

-------------. 2014. Pasang Aksara Bali. Denpasar: Percetakan Palawa Sari.

Tampubolon, Saur M. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Tim Penyusun Materi Pembinaan Aksara., Bahasa, dan Sastra Provinsi Bali, 2002. Pedoman Aksara Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Diterbitkan

2023-12-11