Kajian Sosiokultural, Tatwa, dan Nilai Budaya Masyarakat Batur dalam Satua Ki Balian Batur oleh Kanduk Supatra

Penulis

  • I Putu Rudi Astrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Manik Aryana Ida Bagus Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rai Ida Bagus Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.64034

Kata Kunci:

nilai, filsafat, sosiokultural, cerita

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui tentang Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra dari segi tatwa, budaya, dan keberadaan sosiokultural yang berkaitan dengan desa Batur. Metode penelitian kualitatif dijadikan sebagai metode penyelesaian masalah penelitian dengan metode pengumpulan data berupa analisis data, pengelompokan data, dan peneltian data. Subjek penelitian ini adalah Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Objek penelitian ini adalah keberadaan tatwa, budaya, dan sosiokultural dalam Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Hasil penelitian ini keberadaan tatwa, budaya, dan sosiokultural dalam Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Dresta yang ada pada desa Batur memiliki ciri khas yang sudah menjadi suatu keharusan untuk dilaksanakan dalam praktik-praktik upacara. Untuk menjalankan kewajiban sebagai masyarakat Batur ada pada Aji Penengan. Sebagai penuntun dalam semua kegiatan adalah seorang guru yang disebut catur guru. Penelitian ini diharapkan menjadi pedoman dalam melihat dresta yang ada pada daerah Batur dan dapat menjalankan dan menghormati aturan yang berlaku untuk menjaga keharmonisan desa Batur.

Referensi

Arum, P. S., Aryana, I. B. P. M., & Rai, I. B. (2018). Mustika Paajah-Ajahan Pawatekan Sajeroning Satua-Satua Banyol Ring Buku Kasusastraan Bali Balai Penelitian Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha,5(2), 47. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://doi.org/10.23887/jpbb.v5i2.20613

Ayu, I., Sinta, E., Ayu, I., Wirani, S., Rai, I. B., Pendidikan, J., Bali, B., & Ganesha, U. P. (2018). Kawentenan Dresta Satua Bali Desa Penarukan Buleleng Jurusan Pendidikan Bahasa Bali Universitas Pendidikan Ganesha. 3, 77–88.

Erawati, N. K. (2015). Sosiokultural Krama Bali Ring Satua Bali. E-Journal JJPBB Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–8. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/5357

Gunajaya, I. W. T. (2019). Konsep Teologi Hindu Dalam Geguritan Gunatama Jñānasiddhânta. 51–60.

I Gusti Ngurah Bagus, Penulis, & I Ketut Ginarsa. (2013). Kembang Rampe Kasusastran Bali Purwa. Balai Bahasa Bali. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link; https://labbineka.kemdikbud.go.id/bahasa/jendelabuku/b7bb35b9c6ca2aee2df08cf09d7 016c2-baca

Istiqomah, N., & Sumartini, M. D. (2014). Sikap Hidup Orang Jawa Dalam Novel Orang- Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Jsi, 3(1),1–9. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi.

Jayawangsa, I. G. A. R. (2021). Penjaminan Mutu Pendidikan Bahasa Bali Pada Generasi Digital dan Relevansinya Pada Masa Pandemi Covid-19. PINTU: Pusat Penjaminan Mutu, 2 (1), 39–48. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, dapat diakses pada link https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1327/0

Kamarudin, Andiopenta, & Pahar, E. (2015). Kebermaknaan Norma-Norma Sosiokultural Dalam Pemakaian Bahasa Pada Masyarakat Melayu Jambi Di Kabupaten Batanghari Kamarudin,. Seri Humanio, 13(3), 1576–1580.

Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.

Pitriani, N. R. V. (2020). Tattwa Dalam Yadnya Perspektif Filsafat Hindu (Siwa Tattwa) Bagi Masyarakat Hindu Di Bali. Sruti : Jurnal Agama Hindu, 1(1), 45–57. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023 tersedia pada link https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/darsan/article/view/891

Prashanti, N. P. V. V., Santi Astawa, I. G., Ngurah Eka Karyawati, A. A. I., Santiyasa, I. W., Gede Dwidasmara, I. B., & Supriana, I. W. (2022). Segmentasi Baris Aksara Bali Pada Citra Lontar. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), 10(2), 205. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://doi.org/10.24843/jlk.2021.v10.i02.p03

Pratama, R. (2019). Aspek Kebudayaan Material dan Non Material pada Gerai Kopi Starbucks. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 3(1), 100. Diangkses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://doi.org/10.14710/endogami.3.1.100-106

Purnomo, A. (2018). Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Ips. In I. D. P.

Eskasananda (Ed.), “Adopsi dan Adaptasi ICT dalam Pembelajaran IPS Bagi Generasi Milenial" (pp. 87–89). Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. http://eprints.ulm.ac.id/id/eprint/6425

Rondiyah, A. A., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2017). Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan Di Era Mea ( Masayarakat Ekonomi Asean ). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 141–147.

Saputra, K. (2012). Ki Balian Batur : Antara Leak dan Titah Betari Danu. PT. Offiset BP Denpasar.

Seriasih, N. W. (2021). Lontar Yama Purwana Tattwa. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 4(1), 6. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://doi.org/10.36663/wspah.v4i1.241

Setiawan, daryanto. (2017). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.

Suadnyana, I. B. P. E. (2019). Ajaran Agama Hindu Dalam Geguritan Kunjarakarna. Genta Hredaya, 3(1), 37–48.

Suardiana, I. W. (2020). Kesusastraan Bali Purwa. diakses pada tanggal 20 Januari 2023, tersedia pada link https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penunjang_dir/ca313409fa2d6d9a429b2b664cf4d 6ca.pdf

Suwitriyani, N. K., Indriani, M. S., Pendidikan, J., Bali, B., & Ganesha, U. P. (2015). Seseleh Wangun Carita Miwah Pikenoh Pendidikan Karakter Ring Pupulan Satua Kembang Rampe Kasusastraan Bali Purwa. 1(1).

Wahyudi, T. (2013). The Sociology of Literature. Poetika, 1(1), 55–61.

Yusuf Perdana, Sumargono, S., & Rachmedita, V. (2019). Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 79–98. https://doi.org/10.21009/jps.082.01

Diterbitkan

2024-07-05