PENGEMBANGAN BUKU LATIHAN MENULIS HURUF KANJI DASAR UNTUK SISWA SMA NEGERI 2 BANGLI

Authors

  • Dewa Ayu Ambarwati Wahyuni Ambarwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i3.10430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku latihan menulis huruf Kanji yang sesuai dengan silabus bahasa Jepang SMA Negeri 2 Bangli, sehingga dapat digunakan sebagai buku penunjang dalam pembelajaran bahasa Jepang khususnya huruf Kanji. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB SMA Negeri 2 Bangli. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa masih kesuliatan dalam mempelajari huruf Kanji karena belum adanya buku penunjang khusus untuk latihan menulis huruf Kanji, (2) buku latihan menulis huruf Kanji yang dihasilkan diberi judul Tanoshii Kanji yang di dalamnya berisi gambar perubahan huruf Kanji, urutan penulisan serta goresan yang berwarna berbeda sesuai dengan goresannya, contoh penggunaan huruf Kanji pada kalimat, kosakata, cara baca on’yomi dan kun’yomi, kolom untuk latihan menulis, serta soal-soal latihan mengulang, (3) berdasarkan hasil kuesioner uji ahli, guru dan siswa, buku latihan menulis huruf Kanji yang dibuat sudah sesuai dengan silabus bahasa Jepang di SMA Negeri 2 Bangli.
Kata Kunci : Buku Latihan, Huruf Kanji, Menulis

本研究は、バンリ第2公立高等学校日本語授業カリキュラムに沿った漢字表記のための練習帳を作成し、これを授業で使用することを目的としたものである。本研究の対象は、バンリ公立第二高等学校言語コース11年生である。本研究は、R&Dであり、データは、インタビュー及びアンケートにより収集した。結果、(1)当校日本語学習者は、日本語授業で使用する漢字練習帳がないため、漢字学習が困難である。(2)作成した漢字練習帳『たのしい漢字』は、漢字の変化を表す絵、書き順、払い留め撥ね、漢字の音読みと訓読み、漢字を使用した単語や例文、書き練習のためのページ、そして練習問題を含むものとなった。(3)専門家、当校の日本語教師、及び学習者によるアンケートでは、本漢字練習帳は当校の日本語授業のシラバスに沿ったものであるという結果を得た。
keyword : 練習帳、漢字、表記

Published

2019-11-22

Issue

Section

Articles