PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA JEPANG KEPERAWATAN UNTUK SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMK KESEHATAN VIDYA USADHA SINGARAJA

Authors

  • Lesi Asmaniah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.11190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja untuk kelas X semester genap jurursan keperawatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D models. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum, silabus dan guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja ditemukan masalah yaitu belum terdapat buku ajar bahasa Jepang yang sesuai dengan kebutuhan siswa khususnya untuk siswa kelas X semester genap jurusan keperawatan. (2) Buku ajar ini menghasilkan materi bahasa Jepang di bidang kesehatan. (3) Berdasarkan hasil angket ahli isi materi dan ahli desain, buku ajar yang dibuat sudah sesuai dengan kurikulum dan silabus bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Diharapkan buku ajar ini bermanfaat untuk guru dan sekolah di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja sebagai sumber materi bahasa Jepang di bidang kesehatan.
Kata Kunci : buku ajar, bahasa Jepang untuk keperawatan, kurikulum dan silabus, penelitian dan pengembangan.

本論の目的は、シンガラジャヴィディアウサダ看護高等学校看護コース10年生後期学習者のための教科書「看護用日本語」を同校の日本語指導カリキュラム及びシラバスに沿って作成することである。本研究は研究開発研究開発であり、4-Dモデルを応用したものである。対象は、同校日本語指導カリキュラム、シラバス、日本語指導教師である。データは、観察、インタビュー、アンケートにより収集し、それを定性的記述法により分析したものである。結果は次の通りである。(1)同校日本語指導者へのインタビューにより、同校看護コース10年生後期の日本語授業における教科書が今だに存在しないこと、(2)看護に関する日本語教科書の作成が必要である、(3)日本語指導の専門家及びデザインに関する専門家の検閲において、作成した教科書は同校日本語指導カリキュラムに沿ったものである。本研究で作成した教科書が今後、同校の日本語学習者にとって有益であることを望むものである。
keyword : 教科書、看護用日本語、カリキュラムとシラバス、研究開発

Downloads

Published

2017-07-25

Issue

Section

Articles