PENGEMBANGAN MEDIA KARTU ASOSIASI GAMBAR "KATAKANA-INA" UNTUK PEMBELAJARAN KATAKANA BAGI PEMULA DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Anastasia Friska Delani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Antartika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.12139

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengembangan media pembelajaran berupa kartu asosiasi gambar untuk pembelajaran Katakana bagi pemula di SMA Negeri 4 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru pengajar bahasa Jepang dan siswa kelas X IPS 1 dan 2 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) kuesioner, dan (3) wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) media pembelajaran yang dibuat merupakan media kartu asosiasi gambar yang memiliki dua sisi, yaitu sisi depan dan sisi belakang. Pada sisi depan terdapat gambar yang diasosiasikan dengan huruf Katakana dan urutan penulisan huruf Katakana. Pada sisi belakang terdapat gambar dan contoh kosakata yang ditulis dengan huruf Katakana, (2) berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh uji ahli dan juga pengajar, media pembelajaran yang dikembangkan sudah baik dan sangat sesuai.
Kata Kunci : Katakana, kartu, mnemonic

本研究はバリ州立シンガラジャ第四高等学校の初級学習者の日本語カタカナ表記学習で使用する絵カード教材の作成を目的としたものである。対象はバリ州立シンガラジャ第四高等学校社会科学コース10年1組、2組の生徒および同校日本語教師である。本研究は作成調査研究であり。データは(1)観察、(2)アンケート、(3)インタビューにより収集した。この結果、(1)作成した絵カード教材は両面から成り立ち、表側にカタカナ文字とその書き順、裏側に表側で表したカタカナを使用した語彙が記されている、(2)日本語専門家教師によるこの絵カード教材に対する評価は良く学習要項に沿ったものであるとというものであった。
keyword : カタカナ、カード、ムネモニック学習法

Downloads

Published

2017-12-15

Issue

Section

Articles