VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI BALI MANDARA KELAS XI TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.12146Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) variasi penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang di kelas XI SMA Negeri Bali Mandara (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pengampu pelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan diantaranya : Pada tahap pengantar (dounyuu) untuk pengenalan dan penjelasan materi menggunakan bahasa Indonesia dan menampilkan slide. Pada latihan dasar (kihon renshuu) strategi yang digunakan yaitu tanya jawab dan drill. Pada latihan penerapan (ouyou renshuu) strategi yang digunakan yaitu strategi diskusi, dilakukan pada saat guru memberikan suatu masalah berupa gambar sehingga siswa dapat saling bertukar informasi. Strategi literasi dengan pendekatan mengarang (sakubun) dan pendekatan membaca (dokkai). Strategi kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dilakukan pada saat kelas dalam kondisi siswa dengan jumlah sedikit sehingga dibentuk menjadi dua kelompok untuk menyelesaikan suatu tantangan. Aktivitas kinerja dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa yang dipraktekkan langsung di depan kelas. Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang adalah karakteristik siswa, kondisi siswa di kelas, waktu pembelajaran, dan materi yang diajarkan.Kata Kunci : variasi, strategi pembelajaran, bahasa Jepang
本研究は、(1)バリ州立バリマンダラ高等学校における日本語授業での学習法の変種、(2)学習法を利用する要因について明らかにしたものである。対象は、バリ州バリマンダラ高等学校日本語授業を担当する教師である。また本研究は、定性的記述研究である。データは、観察、インタビュー、参考資料、記録写真から収集し、定性的記述法により分析した。この結果、導入においては、スライドを使用し、インドネシア語による学習内容の紹介および解説が行われ、基本練習段階で使用される学習法は、質疑応答、ドリルである。応用練習段階では、教師が与えるスライド画像について学習者が討論をするディスカッション学習が行われる。読解および作文では筆記による学習法が用いられる。グループ学習では、クラスの状況、学習者の特性に適応させTPS学習法を使用し、2つのグループに分け、問題解決を促す。学習者の理解度を知るため、教室の前で学習者に様々な内容についての発表を行わせている。当校で用いられる学習法は指導者により、学習者の特性、クラスの状況、学習時間、学習内容によって選択される。
keyword : 変種、学習法、日本語