Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Oleh Guru Bahasa Jepang Di SMA Pariwisata Saraswati Klungkung

Authors

  • Ni Putu Indah Diantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i3.13315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik oleh guru bahasa Jepang di SMA Pariwisata Saraswati Klungkung, (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian adalah guru bahasa Jepang di SMA Pariwisata Saraswati Klungkung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) implementasian aspek mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan di dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Pariwisata Saraswati Klungkung telah diterapkan secara utuh. Namun pada aspek menanya kurang berjalan dengan baik karena siswa tidak percaya diri dalam menyampaikan pertanyaan kepada guru, (2) kendala guru ketika mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu kebanyakan siswa belum siap terhadap pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Selain itu kelas menjadi tidak kondusif dan tidak ada buku penunjang yang berbasis kurikulum 2013 untuk kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci : impelentasi, pembelajaran bahasa Jepang, pendekatan saintifik

本研究の目的は、(1)クルンクンサラスワティ観光高等学校による科学的理論の実施、(2)科学的理論の実施に伴う問題点を明らかにすることである。対象は、クルンクンサラスワティ観光高等学校の日本語教師である。データは、観察及びインタビューにより収集し、定性的記述法により分析した。結果、(1)日本語授業において実施されているものは、観察する、問いかける、試みる、協力するである。しかしながら、問いかける点において、学習者が教員に質問する際、学習者に自信がないためうまく伝わらないという場合がある。(2)教員が抱える問題点として、学習者が科学的理論に基ずく学習法に対し理解が充分ではない、クラス内が騒々しい、2013カリキュラムに沿った教科書がないことが挙げられる。
keyword : 実施、日本語学習、科学的理論

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles