PROFIL PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMAN 4 SINGARAJA

Wely Suriya Handika, I Wayan Sadyana, Kadek Eva Krishna Adnyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang di SMAN 4 Singaraja, (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang, (3) upaya guru untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang SMAN 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran membaca pemahaman merupakan bagian dari ouyou renshuu dengan strategi membaca Bottom-Up¬ dan menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi Microsoft Powerpoint yang ditampilkan pada layar LCD. (2) Kendala yang dialami oleh guru dalam proses membaca pemahaman yaitu kurangnya bahan ajar untuk membaca pemahaman pada buku pedoman dan kurangnya alokasi waktu mengajar serta masih sulit memotivasi siswa karena karakteristik siswa yang berbeda-beda. (3) Upaya guru untuk mengatasi kendala adalah memberikan banyak latihan membaca tulisan hiragana, katakana, dan kanji baik berupa kosa kata dan kalimat sederhana serta mencari bahan ajar melalui internet.
Kata Kunci : Profil, Pembelajaran Membaca Pemahaman, kana.

本研究の目的は、(1)公立シンガラジャ第四高等学校における読解学習、(2)日本語教師が読解学習の際に直面する問題点、(3)教師が直面する問題点の解決方法を明らかにすることである。対象は、公立シンガラジャ第四高等学校の日本語教師である。データは、授業観察、記録撮影、インタビューにより収集し、それを定性的記述法により分析した。結果、(1)読解学習は、ボトムアップを図るための応用練習の一部であり、LCDにパワーポイントを写し出し教材として利用している。(2)読解学習を指導する際に直面する問題として、読解学習用の教科書および副教材の不足、生徒に様々な個性があるため動機づけするのが難しいことが挙げられる。(3)問題点を解決するため、簡単な語彙と文章によるひらがな、かたかな、漢字を読む練習を充分に行い、不足する教材においてインターネットなどから教材を探し克服している。
keyword : プロフィール、読解学習、ひらがな、かたかな

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v4i1.13473

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF file view : 39 times PDF file view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.