Analisis Asesmen dalam Pembelajaran Mata Kuliah Bunpou V (Tata Bahasa V) dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2015/2016

Authors

  • Made Dwi Adelina Indah Pratiwi Universisat Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universisat Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universisat Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i1.13604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penilaian proses pada mata kuliah Bunpou V dengan penerapan metode Problem Based Learning. 2) mendeskripsikan penilaian akhir pada mata kuliah Bunpou V dengan penerapan metode Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Bunpou V dan mahasiswa kelas A dan B yang mengikuti pembelajaran mata kuliah Bunpou V. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penilaian proses diperoleh dari aktivitas mahasiswa selama perkuliahan berlangsung yakni berupa penilaian terhadap hasil presentasi, hasil diskusi, dan penilaian untuk keaktifan secara individu. 2) Penilaian akhir dilaksanakan dengan memberikan tes tulis yang diberikan pada saat UTS dan UAS untuk mengetahui kemampuan mahasiswa serta memperoleh nilai akhir pada proses pembelajaran.
Kata Kunci : Penilaian, Problem Based Learning, Bunpou

本研究の目的は、(1)日本語教育学科「文法V」科目におけるプログラム ベースラーニングに基づくプロセス評価、(2)「文法V」科目におけるプログラム ベースラーニングに基づく最終評価を明らかにすることである。この研究は、定性的調査を利用した。調査協力者は、日本語教育学科の「文法V」科目で指導する教師及びAとB教室の学習者である。調査データは、観察、インタビューより収集し、それを定性的記述法により分析した。分析の結果、(1) プロセス評価は発表・ディスカッション・個人の活力というような活動が評価された。(2) 学習者能力を図り、学習の最終評価を得られるように、最終評価は、中間試験及び期末試験という筆記試験を通して行われた。
keyword : 評価、プログラムベースラーニング、文法

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles