STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI BAHASA DI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Ida Ayu Agung Pradnyamita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.13644

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis strategi pembelajaran bahasa Jepang yang diterapkan pada Kelas XI Bahasa di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja; (2) menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Jepang pada Kelas XI Bahasa di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja; dan (3) menganalisis tanggapan siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Undiksha Singaraja terhadap strategi pembelajaran bahasa Jepang yang diterapkan oleh guru. Berkenaan dengan itu didesain penelitian deskriptif dengan menggunakan studi populasi yang terdiri dari guru bahasa Jepang dan siswa Kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Undiksha Singaraja yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran bahasa Jepang di Kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Undiksha Singaraja yang diterapkan guru telah melibatkan seluruh komponen pembelajaran, sehingga terjadinya interaksi antar komponen-komponen tersebut secara utuh melalui metode ceramah, tanyajawab, diskusi, dan permainan kata sebagai metode utama; (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di Kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Undiksha Singaraja mencakup: kesulitan dalam penyampaian materi pelajaran, strategi pembelajaran yang dinilai membosankan oleh siswa, motivasi belajar siswa yang rendah, fasilitas pembelajaran yang belum memadai, dan keterbatasan waktu untuk membelajarkan kosakata bahasa Jepang; dan (3) strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Jepang mendapat tanggapan yang positif dari siswa Kelas XI Bahasa SMA Labratorium Undiksha Singaraja. Hal juga sekaligus menunjukkan keberhasilan guru dalam memilih metode yang tepat digunakan sebagai strategi untuk membelajarkan bahasa Jepang.
Kata Kunci : Kata Kunci: strategi pembelajaran, kendala dalam pembelajaran, tanggapan siswa.

この研究は、(1) 学校のSMAラボラトリウムウンディクシャシンガラジャクラスXI言語 で適用される日本語の学習戦略を分析する、(2) 学校のSMAラボラトリウムウンヂクシャシンガラジャクラスXI言語で日本語を学ぶ際に教師が直面する制約を分析する, (3) 学校のSMAラボラトリウムウンヂクシャシンガラジャクラスXI言語教師が適用した日本語学習戦略に関する回答を分析する。それに関しては、35人に相当するクラス11世 SMA言語研究所ウンディクサシンガラジャの日本語教師と学生からなる人口調査を用いた記述的研究が設計されている。インタビューおよびアンケートのガイドラインを用いたデータ収集は、記述的に定性的に分析される。(3) SMA Langsa Laboratory Undiksha SingarajaのクラスXI学生の回答を、教師が適用した日本語学習戦略に基づいて分析した。それに関しては、35人に相当するクラスXI SMA言語研究所Undiksha Singarajaの日本語教師と学生からなる人口調査を用いた記述的研究が設計されている。インタビューおよびアンケートのガイドラインを使用したデータ収集は、記述的に定性的に分析されます。その結果、1)クラスXIにおける日本語の学習戦略教師によって適用されたUndiksha SingarajaのSMA Langsa Laboratoryは、学習のすべての要素を含んでいるため、主な方法として、構成要素間の相互作用が講義方法、質問、回答.
keyword : キーワード:学習戦略、学習の障害、学生の反応。

Published

2018-02-27

Issue

Section

Articles