Profil Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas 4 SD Saraswati Tabanan

Authors

  • Ni Putu Yuli Armini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i2.14949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sasaran pembelajaran bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan, (2) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan, (3) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang, dan (4) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sasaran pembelajaran bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan yaitu agar siswa mampu mengembangkan keterampilan dasar berbahasa Jepang yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis; (2) Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan yaitu strategi drill, tanya jawab, dan pemberian tugas; (3) Guru bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa dan kondisi siswa di dalam kelas; dan (4) Kendala yang dihadapi guru bahasa Jepang di kelas 4 SD Saraswati Tabanan yaitu kendala pemilihan bahan ajar dan kendala alokasi waktu.
Kata Kunci : pembelajaran, profil, strategi pembelajaran.

本研究の目的は、(1) タバナンサラスワテイ小学校4年生の日本語学習目標、(2) タバナンサラスワテイ小学校4年生の日本語教師が使用するストラテジー、(3) 当校日本語教師が使用するストラテジーの要因、(4) 日本語を担当する教師が、授業の際に直面する問題点を明らかにすることである。研究の対象は、タバナンサラスワテイ小学校4年生の日本語教師である。調査方法は、観察、インタビュー及び、文献調査である。収集したデータを定性記述法により分析した。分析した結果は、(1) 日本語学習の目標は、聞く力・話す力・読む力・書く力という4つの能力において、日本語能力を伸ばすことができることである、(2) 日本語学習の目標を達成するためのストラテジーは、ドリルと応答練習とタクスである、(3) 日本語における学習使用の要因は、生徒の特性と教室の生徒の状態である、(4) 日本語ご障害は、教材の選択と時間割である。
keyword : 学習、紹介、ストラテジー

Downloads

Published

2018-07-16

Issue

Section

Articles