STRATEGI PENGAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DOKKAI SHOCHUKYU PADA MAHASISWA SEMESTER III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPAANG UNDIKSHA

Authors

  • I Made Kris Wijayadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i2.14999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penggunaan strategi pengajaran dalam pembelajaran dokkai shochukyu pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu matakuliah dokkai shochukyu pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan dalam pembelajaran dokkai shochukyu adalah model pembelajaran cooperative learning tipe peer lesson. Hal ini terbukti pada setiap topik materi pembelajaran dijelaskan oleh mahasiswa secara berkelompok kepada mahasiswa lain melalui sebuah video yang kemudian dipresentasikan. Model pembelajaran cooperative learning tipe peer lesson ini dikombinasikan dengan strategi bottom-up pada tahap pembelajarannya, ini terlihat dari alur pembelajaran di dalam kelas, yaitu tahapan pembelajaran dimulai dari hal yang paling kecil yaitu pengenalan huruf kanji kemudian menuju ketahapan pembelajaran yang lebih besar yaitu menyimpulkan isi wacana.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran, bahasa Jepang, dokkai shochukyu

本研究の目的は、(1)ガネシャ教育大学の日本語教育学科二年生の読解初中級学習における指導戦略を分析した。データは、授業観察、記録撮影 インタビューにより収集し、それを定性的記述法により分析した。対象は、ガネシャ 教育大学の日本語教育学科二年生読解初中級授業を担当する教師である。本研究の結果、読解初中級授業の使用される学習法モデルのコープラティプラーニングタイプピアレッスンである。これは、あるグループの学生が他のグループの学生に動画でトピックを説明し発表したときに明らかある。学習段階においては、コープラティプラーニング学習方法のピア―レッスンタイプはボトムアップのストラテジーと組み合わせていました。
keyword : キーワード : 学習法、日本語, 読解初中級

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles