PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA JEPANG BAGI SISWA KELAS V SD TUNAS KASIH NUSA DUA

Authors

  • Mang Lely Giri .Purwantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i1.16874

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum KTSP dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang untuk siswa kelas V di SD Tunas Kasih Nusa Dua. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D models. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jepang dan siswa kelas V SD Tunas Kasih Nusa Dua. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) buku ajar bahasa Jepang dasar sesuai dengan kebutuhan siswa khususnya untuk siswa kelas V SD Tunas Kasih Nusa Dua, (2) berdasarkan hasil uji ahli isi buku yang dikembangkan dinilai sangat sesuai dan uji ahli desain dinilai sesuai (3) serta hasil respons guru dan siswa SD Tunas Kasih Nusa Dua menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan sangat sesuai.
Kata Kunci : Kata kunci: buku ajar Bahasa Jepang, penelitian dan pengembangan (R&D)

要旨  本研究はR&Dであり、 ヌサデゥア・トゥナスカシー小学校の五年生を向け、KTSPカリキュラムと日本語のシラバスを基にした教科書を作成することを目的としたものである。調査では、4-Dモデルを使用した。調査協力者は、日本語教師とヌサデゥア・トゥナスカシー小学校の五年生である。調査方法は、アンケート及びインタビューである。このデータを定性的記述法により分析した結果、 1)ヌサデゥア・トゥナスカシー小学校の五年生にとっては、作成した日本語教科書が、学生のニーズと応じた。2)専門家によるテスト結果に基づき、開発された本の内容は非常に適切とみなさ。3)。ヌサデゥア・トゥナスカシー小学校の生徒および教師の返事により開発した教科書は最適である。
keyword : キーワード:日本語教科書、調査開発研究(R&D)

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles