PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MEMBUAT KALIMAT BAHASA JEPANG SISWA KELAS X IBB 1 SMA CANDIMAS PANCASARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Ni Kadek Sudiarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) peningkatan penguasaan membuat kalimat bahasa Jepang siswa dan 2) mendeskripsikan respons siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IBB 1 SMA Candimas Pancasari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pre-test siswa adalah 32,88 dengan ketuntasan klasikal yaitu 5,56%. Pada siklus I rata-rata siswa menjadi 83,36 dan ketuntasan klasikal menjadi 69,44%. Pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 94 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dan respons siswa tergolong positif, dengan rata-rata 36 pada siklus I dan 37 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar efektif untuk meningkatkan penguasaan membuat kalimat bahasa Jepang siswa.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, media gambar, membuat kalimat bahasa Jepang

本研究の目的は、1) 学習者の日本語文を作る能力を向上されるための絵カードを使用した協同学習方法の応用を知ること、2) 学習者の反応を説明することである。研究は二周期に教室実践活動調査である。研究の対象は2018/2019年度パンチャサリ・チャンディマス高等学校言語コース十年生一組の三十六名である。データ収集の方法は観察、テスト、アンケートで行った。データは定量的および定性的な記述法により分析した。結果は、予備テストで標準を越えた学習者の割合は5,56%で、平均点が32,88点だったのに対し、第一周期終了時では69,44%、平均点が83,36点、第二周期終了時では100%、平均点が94点に上がったからいえる。また、学習者の反応は良好と言える。第一周期では学習者の反応の平均点は36点で、第二周期では学習者の反応の平均点は37点である。 以上ことから、絵カードを使用した協同学習方法は学習者の日本語文を作る能力を向上されたの効果的であると言える。
keyword : 協同学習方法、絵カード、日本語文を作る

Downloads

Published

2019-07-17

Issue

Section

Articles