PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS XI IBB 1 SMA NEGERI 1 GEROKGAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Ni Putu Cyntia Agustian Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan penguasaan huruf hiragana siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbantuan word square, dan 2) mendeskripsikan respons siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbantuan word square. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 1 Gerokgak tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 36 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada penguasaan huruf hiragana siswa. Pada hasil pre-test persentase ketuntasan siswa adalah 16,66 %. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 72,22 %. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 100 %. Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbantuan word square tergolong positif. Pada siklus I, rata-rata respons siswa adalah 42,1. Pada siklus II rata-rata respons siswa adalah 43,0. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berbantuan word square dapat meningkatkan penguasaan huruf hiragana.
Kata Kunci : Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe NHT, word square, huruf hiragana

本研究の目的は、1) 平仮名を身に付けるためのWord Squareを使用したNumbered Heads Together (NHT) 協同学習方法の向上、2) Word Squareを使用したNumbered Heads Together (NHT) 協同学習方法に対する学習者の反応を明らかにすることである。研究の対象は2018/2019年度第一グロガック国立高等学校言語クラスの11年生の36名である。観察、テスト、及びアンケートによる収集したデータを定量的および定性的な記述法により分析した。その結果、学習者が平仮名を書く能力は向上可能性があり、身につけることが出来たことが分かった。事前テストの結果では学習者の合格率が16.66%、一回目のサイクルで学習者の合格率が72.22%、二回目のサイクルで学習者の合格率が100%であった。平仮名を身に付けるためのWord Squareを使用したNumbered Heads Together (NHT) 協同学習方法に対して、学習者がポジティブな反応をした。一回目のサイクルでは学習者の反応の平均点が42.1点であり、二回目のサイクルで学習者の反応の平均点が43.0点である。つまり、Word Squareを使用したNumbered Heads Together (NHT) 協同学習方法により、平仮名を身につけることが出来たと言える。
keyword : キーワード : Numbered Heads Together (NHT)協同学習方法、Word Square、平仮名

Downloads

Published

2019-07-17

Issue

Section

Articles