PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SD MUTIARA SINGARAJA

Authors

  • Aulia Rahmah Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sasaran pembelajaran bahasa Jepang di SD Mutiara Singaraja, (2) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa Jepang di SD Mutiara Singaraja, (3) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa Jepang, (4) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SD Mutiara Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sasaran pembelajaran bahasa Jepang di SD Mutiara Singaraja meliputi aspek membaca, aspek menulis, aspek mendengar, aspek berbicara dan pengetahuan budaya; (2) Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi lagu, strategi tanya jawab, strategi drill, dan strategi ceramah; (3) Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang adalah karakteristik siswa, kemampuan yang dimiliki siswa dan kondisi siswa di kelas; (4) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah karakteristik siswa, alokasi waktu dan penggunaan media pembelajaran.
Kata Kunci : pembelajaran, profil, strategi pembelajaran

本研究の目的は、シンガラジャムティアら小学校において、(1)日本語学習の目標、(2)日本語学習の目標を達成するための学習ストラテジー、(3)日本語学習におけるストラテジー使用の要因、(4)日本語学習の障害を明らかにする。研究の対象は、シンガラジャムティアら小学校の日本語教師である。調査方法は、観察、インタビュー及び、文献調査である。調査方法は、観察、インタビュー及び、文献調査である。収集したデータを定性的記述法により分析した。(1)日本語学習の目標は、聴く力・読む力・話す力・書く力という4つの能力において、文化の能力を伸ばすことが出来ることである。(2)日本語学習の目標を達成するための学習ストラテジーは、歌ストラテジーとQ&Aストラテジーとドリルと講義とである。(3)日本語学習におけるストラテジー使用の要因は、生徒の特性、生徒の能力教室にての生徒の状態である。(4)日本語学習の障害は、生徒の特性と教材の利用と時間割である。
keyword : 学習、概要、学習ストラテジー

Downloads

Published

2019-07-17

Issue

Section

Articles