PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGAJAR HIRAGANA DAN KATAKANA DI SMA N 1 BEBANDEM

Authors

  • I Putu Handreka Aryadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran huruf hiragana dan katakana di SMA N 1 Bebandem, (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi dalam pembelajaran huruf hiragana dan katakana. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru pada mata pelajaran bahasa Jepang di SMA N 1 Bebandem. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran huruf hiragana dan katakana di SMA N 1 Bebandem yaitu “menulis di udara”, strategi drill dan pemberian tugas, (2) faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi pembelajaran dalam pembelajaran huruf hiragana dan katakana di SMA N 1 Bebandem yaitu faktor karakteristik siswa dan kondisi siswa di kelas.
Kata Kunci : Kata kunci : Profil, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Huruf Hiragana dan Katakana

本研究は、(1)ブバンデム第一高等学校1のひらがなとカタカナの学習にて先生が使われてる学習ストラテジーを明らかにする事、(2)その学習ストラテジーを選択した要因がどのようなものかを明らかにすることを目的とする。調査協力者はブバンデム第一高等学校1の日本語先生である。観察、インタビュー及び、文書化で収集したデータは、定性的記述法により分析した。その結果、(1)ブバンデム第一高等学校1の日本語先生において、使用している学習ストラテジーは 「空中書写」とドリルとタスクである、(2)その学習ストラテジーを選択した要因は学習者の特性と教室の生徒の状態である。
keyword : キーワード;概要、学習ストラテジー、ひらがなとカタカナの学習

Downloads

Published

2019-07-22

Issue

Section

Articles