PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Authors

  • I Ketut Aryama Abdhiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i2.18956

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tabanan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tabanan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Aktivitas analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola kelas guru menggunakan pendekatan dalam pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas, dan komponen-komponen keterampilan pengelolaan kelas untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal. Komponen keterampilan pengelolaan kelas yang digunakan oleh guru dibagi menjadi dua bagian, yaitu keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal. Pendekatan resep dan prinsip keluwesan tidak dilakukan oleh guru.
Kata Kunci : Pendekatan, prinsip, komponen

本研究の目的は、タバナン第一公立高校で日本語を学ぶ際に教師がどのように教室を管理するかを分析することである。対象はタバナン第一国立高校の日本語教師である。データ収集は観察、文書化、面接によって行われ、それから定性的記述法を用いて分析される。データ分析活動は、データを減らし、データを提示し、そして結論と検証を引き出すことによって行われる。研究の結果は、教室管理において、教師は教室管理アプローチ、教室管理の原則、および教室管理スキルの要素を使用して最適な学習条件を作成および維持することを示している。教師が使用する教室管理スキルの要素は、二つの部分、すなわち最適な学習条件の作成と維持に関するスキルと最適な学習条件の開発に関するスキルに分けられる。処方アプローチと柔軟性は、先生によって行われない。
keyword : アプローチ、原則、要素

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles