KESULITAN GURU BAHASA JEPANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN DI SMA SE-KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Komang Ayu Agnes Puspitasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.21387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat kesulitan guru bahasa Jepang di SMA se-Kabupaten Buleleng dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian, (2) menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru untuk meminimalisir kesulitan yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif, sedangkan data wawancara dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) perencanaan pembelajaran tergolong “Cukup Sulit” dengan persentase 40,91%, pelaksanaan pembelajaran tergolong “Tidak Sulit” dengan persentase 45,5%, dan 3 penilaian tergolong “Cukup Sulit” dengan persentase 45,45%, (2) kegiatan yang sulit untuk dilakukan guru antara lain pada tahap perencanaan pembelajaran yaitu menentukan metode pembelajaran, merancang pembelajaran, merancang instrumen penilaian, pada tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu melaksanakan kegiatan mengasosiasi, kegiatan berkomunikasi, kegiatan mencipta, kegiatan berfikir kritis, dan menerapkan metode pembelajaran, pada tahap penilaian guru kesulitan dalam melakukan penilaian proses dan penilaian keterampilan.
Kata Kunci : bahasa Jepang, kesulitan guru SMA, Kurikulum 2013

本研究の目的は1) ブレレン県の全高校における2013年カリキュラムに基づく教師の実現の問題を明らかにすることである。調査は授業の計画、授業の実現、及び授業の評価を含まれている、2) 2013年カリキュラムに基づく教師の問題解決方法に対する授業の計画、授業の実現、及び授業の評価を明らかにすることである。データ収集方法はアンケート及び、インタビューである。アンケートデータは定量的に分析され、インタビューデータは定性的に分析された。調査結果は1) 授業の計画には40,91% 少し難しいと認定され、授業の実現には45,5% 難しくないと認定され、授業の評価には45,45% 少し難しいと認定された。2)一番困難な活動は授業の計画である。それは教授法の決め方、授業の計画方法、授業の評価ほう、授業の実現には困難な活動は学習者を連装させたり、創造力させたり、批判的思考をさせたり、及び授業の実現をさせたりすることである。授業の評価には教師は学習者の授業の過程、又は学習者の能力を評価することである。
keyword : 日本語、高校教師の問題、2013年カリキュラム

Downloads

Published

2019-10-23

Issue

Section

Articles