IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ni Wayan Putri Ayu Ratna Ningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i2.21474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas
dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja dan kendalakendala
yang dihadapi dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas dalam
pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Data hasil penelitian
akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja
telah mengimplementasikan pengelolaan kelas dengan baik. Dalam pengelolaan
kelas guru menggunakan berbagai prinsip-prinsip, pendekatan-pendekatan, dan
komponen-komponen pengelolaan kelas. Pendekatan resep, pendekatan proses
kerja kelompok, komponen pemusatan perhatian kelompok, komponen pendekatan
pemecahan kelompok, komponen menemukan dan memecahkan tingkah laku yang
menimbulkan masalah tidak dilakukan guru. Penataan ruang kelas yang dilakukan
guru dengan cara disesuaikan dengan pembelajaran dan/atau atas seijin dari
sekolah. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan
pengelolaan kelas yaitu, berasal dari faktor siswa dan fasilitas. 

実施、及び州立高等学校三シンガラジャでの日本語学習における教室管理の実施で
直面する制約について説明することです。データは、定性的記述方法を使用して分
析されます。研究の主題は、州立高等学校三シンガラジャの教師でした。データ収
集は、観察、インタビュー、および文書化の方法によって行われます。その結果、
州立高等学校三シンガラジャの日本語教師は教室管理をうまく実装していたことが
わかりました。教室管理では、教師は教室管理のさまざまな、法、アプローチ、要
素を使用します。処方アプローチ、グループワークプロセスへのアプローチ、グル
ープフォーカスの要素、グループ内訳アプローチの要素、問題の原因となる行動の
発見と解決の要素は実行されません。教室の計画は、学習および/または学校から
の許可を得て調整された方法で教師によって行われます。教室管理を実装する際に
教師が直面する障害はありますが、それは生徒、施設要因に起因します。

Downloads

Published

2019-10-23

Issue

Section

Articles