Implementasi Kurikulum 2016 berbasis KKNI pada Mata Kuliah Dokkai Chukyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha.

Authors

  • Luh Putu Asti Putri Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum 2016 berbasis KKNI pada mata kuliah dokkai chuukyuu di program studi pendidikan bahasa jepang undiksha Subjek dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah dokkai chuukyuu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) strategi yang digunakan dalam mata kuliah dokkai chukyu cenderung pada strategi bottom up (2) pada proses pembelajaran sudah berjalan secara sistematis dari mae sagyou (tahap awal), hon sagyou (tahap inti) dana ato sagyou (tahap akhir) (3) pelaksanaan pembelajaran menggunakan 3 variabel pembelajaran secara menyeluruh pada tingkat afektif, kognitif dan psikomotor.
Kata Kunci : KKNI, Implementasi, Mata Kuliah Dokkai Chuukyuu

本研究の目的はガネーシャ教育学科日本語教育学部読解中級において、学習の計画、実施、評価 2016年度のカリキュラムを実施がどのように分析する事である。調査対象はガネーシャ教育学科日本語教育学部の読解中級担当される教師ある。書類収集の方法は観察、インタビュー、及びドキュメンタリーである。収集された種類は定性的記述法により分析された物である。分析された結果は1読解で使用している学習方はボトムアップが比較的に多い。2授業の流れとしてはストラテジーと同様 前作業、本作業、後作業もある。3学習は大きく3使用しているそれは認知的、感情的および精神運動的である。
keyword : インドネシア国家資格枠組、実施、読解中級。

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles