MAKNA KIASAN VISUAL DALAM IKLAN KOPI GEORGIA “MAX COFFEE”

Rino Akbar Budinata, Tia Anissaa Setya Fitriyani

Abstract


Tulisan ini merupakan analisis semiotika yang bertujuan untuk memaparkan makna kiasan dari tanda-tanda visual iklan Kopi Georgia (ジェオジーア•コヒー) versi “Max Coffee” (マックス•コヒー). Dalam iklan max coffee terdapat tanda-tanda makna kiasan visual yang dapat dianalisis maknanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes yang mengacu pada sistem denotasi, konotasi, dan mitos yang dapat digunakan dalam mengenali dan memahami tanda-tanda serta makna yang ditampilkan dalam iklan Kopi Georgia. Peneliti juga menggunakan teori dari konsep bahasa visual dan gaya bahasa visual simile/similar, dan personifikasi untuk memaknai tanda-tanda simile/similar, dan personifikasi visual dalam iklan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua makna kiasan visual yaitu ; simile/similar visual, dan personifikasi visual. Dalam iklan ini pesan yang ingin disampaikan bahwa Kopi Georgia versi “Max Coffee” dapat meningkatkan stamina.


Keywords


Bahasa Visual; Iklan; Personifikasi Visual; Similar Visual.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.22661

Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF file view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.