PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 MELAYA

Desak Made Widnyana Wati, I Wayan Sadyana, Desak Made Sri Mardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran   dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya, (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya serta upaya mengatasinya. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Melaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya yang sudah dilaksanakan secara rutin yaitu media visual (powerpoint, laptop), media proyeksi diam (LCD projector), media visual sederhana (benda nyata yang ada di dalam kelas, papan tulis, kartu bergambar, kartu huruf, buku pelajaran berupa sakura 1 dan kira-kira nihongo), media audio (speaker). (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media yaitu berasal dari teknik pemilihan media dan karakteristik siswa. Solusi guru dalam mengatasi kendala pemanfaatan media pembelajaran yaitu menyesuaikan media pembelajaran dengan materi dan menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan dengan kondisi peserta didik.
Kata Kunci : media visual, media visual sederhana, media audio, media proyeksi diam, kendala

本論は、その(1)ムラヤ第一国立高等学校一年生の日本語クラスに使用される学習教材、(2)教師が直面する困難及び解決法を明らかにすること。対象は、ムラヤ第一国立高等学校の日本語教師である。観察法及びインタビューで収集し、定性的記述法により分析した。この結果、(1) ムラヤ第一国立高等学校一年生の日本語クラスに使用される学習教材は、視聴覚メディア(パワーポイント、パソコン)、静止画メディア (液晶プロジェクタ)、標本メディア (クラスの中にある実物)、印刷メディア(絵カード、文字カード、日本語教科書)、 音声メディア(オーディオスピーカー)である。(2) 教師が直面する困難は、適切な学習教材を選び方及び学生の特徴である。解決法は授業のテーマ共に学生特長により適切な学習教材を選ぶことである。
keyword : 視聴覚メディア、印刷メディア、音声メディア、静止画メディア、障害

Keywords


media visual; media visual sederhana; media audio; media proyeksi diam; kendala

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. 1997. Media Insruksional Edukatif. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Azwandi, Yosfan. 2007. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Keniten, I. G. N. A.2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Professional CS6 untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Siswa Kelas XI di SMK N 4 Negara”. Singaraja: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, Vol.3, No.1. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/11193/pdf (diakses tanggal 12 Januari 2020)

Mardani, D. M. S. 2012. “Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana”. Singaraja: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol.45, No.3. Tersedia pada : http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1836/1606 (diakses tanggal 15 Juni 2019).

Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru.Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.

Muneo, Kimura, dkk. (1992). Nihongo Kyoujuhou. Tokyo: Oofusha.

Musqifon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Renariah. 2002. “Bahasa Jepang dan Karakteristiknya” . Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, Vol. 1, No. 2 (diakses tanggal 18 Maret 2019).

Usman, Moh. Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23679

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF file view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.