IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS 4C OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA

Authors

  • Ni Luh Putu Suastini Ganesha University of Education
  • Desak Made Sri Mardani Ganesha University of Education
  • Gede Satya Hermawan Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23736

Keywords:

Implementasi, pembelajaran berbasis 4C, critical thinking, problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis 4C dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis 4C di SMA Negeri 2 Semarapura. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang kelas X di SMA Negeri 2 Semarapura. Data dikumpulkan melalui metode observasi partisipasi pasif dan metode wawancara semi terstruktur yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran berbasis 4C. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran berbasis 4C sudah sesuai dengan langkah-langkah (critical thinking and problem solving, creativity and innovations, communication, and collaboration). Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran berbasis 4C yaitu pada kegiatan critical thinking and problem solving siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang dilakukan guru yaitu guru tidak hanya menyampaikan materi melainkan juga lebih berperan aktif untuk merangsang keingintahuan siswa.
Kata Kunci : Implementasi, pembelajaran berbasis 4C, critical thinking and problem solving.

本研究の目的は、4Cに基づく学習及び教師が直面する障害を説明する。このデータを定性的記述法により分析した。調査協力者は セマラプラ第二国立高校の一年生の教師である。調査方法は、観察及びインタビューである。その結果は、4Cに基づく学習実施は4Cに基づく学習に従って実装されたことを示した。その4Cは 批判的思考と問題解決、コミュニケーション、コラボレーション、創造性と革新である。教師が直面した4Cに基づく学習実施の障害は 批判的思考と問題解決の活動では 少数の学習者はあまり活発しなかった。教師がとる解決策は、材料を言うだけでなく、生徒の好奇心を刺激するのに積極的な役割を果たすことでもある。
keyword : 実施、4Cに基づく学習、批判的思考と問題解決

Downloads

Published

2020-06-18

Issue

Section

Articles