PENERAPAN MEDIA GAMBAR MNEMONIK, METODE RESITASI DAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA PADA SISWA KELAS XI IBB 1 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019

Putu Indra Apriantara Indra Apriantara, Kadek Eva Krishna Adnyani, Desak Made Sri Mardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa melalui penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf. (2) menganalisis respons siswa terhadap penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang terjadi pada hasil pre-test sebesar 4%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan peningkatan yang drastis terjadi pada siklus II mencapai 96%. (2) respons siswa tergolong positif, hal tersebut dilihat dari rata-rata respons siswa pada siklus I yaitu 30, sedangkan pada siklus II respons siswa diperoleh dengan rata-rata 34. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar mnemonik, metode resitasi, dan permainan kartu huruf dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana siswa dengan respons yang positif.
Kata Kunci : Media Gambar Mnemonik, Metode Resitasi, Permainan Kartu Huruf

本研究の目的は(1) ニーモニックかるたの利用により、平仮名の習得力を高め、(2) ニーモニックかるたの利用に対して、学習者の反応がどのようなことかを明らかにするためである。調査協力者はシンガラジャ第二公立高等学校の二年生の24名である。調査方法は観察、テスト、アンケート、及びインタビューである。このデータを定量的及び定性的記述法により分析した。分析した結果、(1) ニーモニックかるたの利用により、平仮名の習得力が高まったことが分かった。プレテスト際は平仮名の理解は4%しかなかったが、そして、サイクルIの成果は50%にのぼり、やがて、サイクルIIの成果は96%に上回った。つまり、ニーモニックかるたの利用によって、平仮名に対する理解が高まった事が明らかである。2)学習者の反応において、 サイクルIの平均の点数が30点であり、サイ クルIIの平均の点数が34点であったから、平仮名の習得力が高まり、また学習者の反応が良いことが分かった。
keyword : ニーモニック、かるた

Keywords


Media Gambar Mnemonik; Metode Resitasi; Permainan Kartu Huruf

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23839

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF file view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.