PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP LANJUTAN) PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI

Authors

  • Putu Krisda Ratma Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26579

Keywords:

Four-D Model, RPP, Kurikulum 2013 Revisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP yang  sesuai dengan standar proses kurikulum 2013 revisi untuk sekolah dasar (SD) di Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan yaitu define,design, develop dan disseminate.Namun pada tahap disseminate yang merupakan tahap penyebaran tidak di lakukan karena fokus penelitian ini sampai pada tahap develop atau pengembanganDalam penelitian ini subjeknya adalah guru pengajar bahasa Jepang Sekolah Dasar di Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) berdasarkan hasil uji ahli materi menyatakan bahwa RPP yang telah dikembangkan ini sangat sesuai untuk digunakan, (2) Berdasarkan respons guru juga menyatakan RPP ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di Sekolah Dasar.

References

Danasasmita, Wawan. 2017. “Guru Bahasa Jepang di Indonesia: Peluang dan Tantangan”. Tersedia pada http:// www.academia.edu/6127417/Guru_Bahasa_Jepang-_di_Indonesia_pekuang_dan_Tantangan.html diakses pada tanggal 11 Juni 2019.

Juliantini, Ni Komang. 2019. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Bahasa Jepang Di SD Mutiara Singaraja. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., & Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary School in Bali. Proceeding of 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040

Muryaningsih, Sri. “Pengembangan RPP Tematik-Integratif untuk Meningkatkan Karaker Kerja Keras di Kelas 1 SD N 2 Sokaraja Tengah.”Jurnal Prima Edukasia. Volume 3 Nomor 2.

Nugraha, M Sofwan. 2015. “Pembelajaran PAI Berbasis Media Digital”. Tersedia pada repository.upi.edu. Diakses pada 11 Juni 2019.

Sunarna, Ignasius Tri. 2010. “Metode Penelitian”. Tersedia pada repository.upi.edu. Diakses pad 11 Juni 2019.

The Japan Foundation. 2017. Survey Report on Japanese-Languagae Education Aboard 2015. Tokyo. Diakses pada https:// www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey15.html pada tanggal 10 Juni 2019.

Thiagarajan, S., Semmel, D, Semel, M. 1974. Instructional Development for Traning Teacher of Exceptional Children. Indian: ERIC.

Yusuf, Syamsu. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Cetak Ke-4. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2020-07-26

Issue

Section

Articles