PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN ADOBE FLASH BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26732Keywords:
Media pembelajaran, audio visual, kurikulum 2013Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat media pembelajaran audio visual dengan adobe flash berbasis kurikulum 2013 revisi untuk sekolah dasar di Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) wawancara dan (2) kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli isi, uji ahli media, dan uji coba produk) untuk membantu menghasilkan produk yang baik. Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Peneltian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran yang dikembangkan memuat pembelajaran HOTS. Media pembelajaran terdiri dari 10 bab. Media pembelajaran memuat latihan dan kalimat perintah. (2) Hasil angket uji ahli dan uji coba mendapat penilaian rata-rata 3 (setuju) dan 4 (sangat setuju). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berupa video animasi dengan adobe flash berbasis kurikulum 2013 revisi untuk sekolah dasar di Bali layak digunakan dalam proses pembelajaran.References
Iis & Totok. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server”. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), Volume 2, Nomor 2 (hlm. 205-210).
Keniten, I Gede Ngurah Ari. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Siswa Kelas XI di SMKN 4 Negara”. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 33-43).
Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., & Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary Schools in Bali. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040
Mulyatiningsih, E. 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran”. Tersedia pada: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/draendangmulyatiningsihmpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf (diunduh tanggal 25 juni 2019)
Triantari, Ni Komang. 2018. Pengembangan Media Kartu Permainan Remi Shinigami Kaado untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang di SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Pendidikan Ganesha.