KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAN 2 SINGARAJA DAN SMAN 4 SINGARAJA

Evy Monifa, Kadek Eva Krishna Adnyani, Ni Nengah Suartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kendala guru bahasa Jepang dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, faktor kendala serta upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dikelompokkan sesuai rumusan masalah dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu guru mengalami kendala dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menentukan model pembelajaran, merancang langkah pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, keterbatasan buku ajar, menerapkan pendekatan saintifik, dan melakukan asesmen Kurikulum 2013. Faktornya adalah penggunaan media ajar belum maksimal, ketersediaan sarana prasarana, guru terbiasa mengajar dengan kurikulum lama, keterbatasan penguasaan bahasa Jepang, karakteristik siswa, jumlah siswa, keterbatasan waktu, keaktifan siswa, banyaknya jenis asesmen, dan beban kerja guru yang besar. Upaya yang dilakukan adalah memerhatikan pedoman Kurikulum 2013, mencari materi di sumber lainnya, pemanfaatan teknologi secara optimal dan melakukan penilaian secara bergantian.

 


Keywords


faktor; kendala; implementasi; Kurikulum 2013; upaya

Full Text:

PDF

References


Anwar, Rusliansyah. 2014. “Hal-hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013”. Humaniora, Volume 5, Nomor 1 (hlm. 97-106).

Panikar, Prakrthi, dkk. 2014. ”Best Practices in Curriculum Development & Delivery with special reference to Educational & Professional Development Department at Caledonian College of Engineering, Oman”. International Journal of Education and Research, Volume 3, Nomor 4, (hlm. 366).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia No. 159 Tahun 2014 tentang Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, Syah Bania Puji. 2015. Analisis Kesulitan Guru Bahasa Jepang dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-3. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Yani, Ahmad. 2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26826

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF file view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.