PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAHASA JEPANG BERBASIS KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK SEKOLAH DASAR DI BALI

Putri Ayu Wulandari, Desak Made Sri Mardani, I Wayan Sadyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD bahasa Jepang tahap awal yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi untuk sekolah dasar di Bali. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D model dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develope, dan disseminate. Karena keterbatasan penelitian, tahapan disseminate tidak dilakukan. Data dikumpulkan dengan wawancara dan angket, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) LKPD bahasa Jepang tahap awal yang dikembangkan memuat 4C, HOTS, PPK dan Literasi. Dalam LKPD terdiri dari 15 materi. Setiap materi memuat 3 kegiatan dengan level kegiatan di buat dari yang mudah, menengah, hingga sulit. LKPD juga dilengkapi dengan gambar yang menarik. (2) Berdasarkan hasil uji validasi ahli, LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai sebesar 97,84% dengan kategori sangat layak. (3) Berdasarkan uji coba terbatas, LKPD memperoleh nilai sebesar 90,35% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa LKPD bahasa Jepang tahap awal yang dikembangkan untuk sekolah dasar di Bali sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi dan dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran bahasa Jepang.

Keywords


lembar kerja peserta didik; kurikulum 2013 revisi; penelitian dan pengembangan (R&D)

Full Text:

PDF

References


Ernawati, IIs dan Sukardiyono, Totok. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). Volume 2, nomor 2. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/ (Diakses pada tanggal 10 September 2019).

Mahmudah, Siti. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis Scientific Pada Kelas IV, Tema 9 (Kayanya Negeriku) Subtema 2 Pembelajaran 1. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Tersedia pada http://repository.ump.ac.id (Diakses tanggal 15 Juni 2019).

Mardani, DMS penelitian (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Ganesha., dkk. 2018. Profil Pembelajaran Bahasa Jepang pada Jenjang Sekolah Dasar di Bali. Laporan

Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., & Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary Schools in Bali. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040 (Diakses tanggal 10 Juni 2020)

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.27430

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF file view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Publishing by

Japanese Language Education Program

Faculty of Languages and Arts



Ganesha University of Education


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha (JPBJ) indexed by:

 Crossref

 


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.