Analisis Kesalahan Penggunaan Jodoushi ~Sou da, ~You da, dan ~Rashii

Authors

  • Yanuar Lutfi Rohman Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i3.30160

Keywords:

jodoushi, ~sou da, ~you da, ~rashii, kesalahan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang analisis kesalahan penggunaan jodoushi ~sou da, ~you da, dan ~rashii. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES dalam penggunaan jodoushi ~sou da, ~you  da, dan ~rashii dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penggunaan jodoushi ~sou da, ~you da, dan ~rashii yang sering dilakukan mahasiswa tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES.

            Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif, dengan menjadikan penelitian survey sebagai desain penelitian. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik dalam mengumpulkan data adalah one shoot model, dimana pengambilan data dilakukan dalam satu waktu. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES dengan jumlah 20 orang.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa jenis kesalahan penggunaan pola ~sou da, ~you da dan ~rashii  dikategorikan menjadi kesalahan penggunaan pola kalimat saja, kesalahan perubahan bentuk saja, dan keduanya (kesalahan penggunaan pola kalimat dan kesalahan perubahan bentuk)  pada soal pilihan ganda, soal  terjemahan dan soal menyelesaikan kalimat.

            Adapun faktor-faktor yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya kesalahan penggunaan jodoushi ~sou da, ~you da, dan ~rashii tidak hanya pemahaman tentang perbedaan dan persamaan penggunaan jodoushi ~sou da, ~you da, dan ~rashii  tetapi juga faktor lain seperti pemahaman terhadap konteks kalimat, dan lain-lain.

Downloads

Published

2020-12-05

Issue

Section

Articles