ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM ANO HI MITA HANA KARYA NISHIURA MASAKI

Authors

  • I Gede Bj. Arta Mulya Ganesha University of Education
  • Gede Satya Hermawan Ganesha University of education
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Ganesha University of education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i2.34499

Keywords:

pragmatik, tindak tutur ekspresif, maksud tindak tutur

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis fungsi dan maksud tindak tutur ekspresif dalam film Ano Hi Mita Hana. Objek penelitian yang digunakan yaitu film Jepang yang berjudul Ano Hi Mita Hana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan instrumen utama menggunakan kartu data. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Dalam menganalisis, menggunakan analisis pragmatik untuk mengkaji penggunaan fungsi dan maksud tindak tutur ekspresif. Teori yang digunakan yaitu teori tindak tutur ekspresif menurut Austin (1965) sedangkan maksud tindak tutur menggunakan teori Searle (1979). Hasil penelitian yang ditemukan terdapat 22 data  tindak tutur ekspresif. Terdapat 7 fungsi tindak tutur ekpsresif yang ditemukan yaitu apologies, thank, sympathy, attitudes, greetings, wishes, challenges. Maksud tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu (1) meminta maaf, (2) terima kasih, (3) penyesalan, (4) mengejek (5) menyalahkan, (6) permohonan, (7) mengharapkan (8) menentang.

.

Kata kunci       : pragmatik, tindak tutur ekspresif, maksud tindak tutur

 

要旨 

本研究は、映画『あの日見た花』で使用される特定の目的を持つ会話表現の意味と種類を語用論を基に明らかにすることである。対象は、映画『あの日見た花』であり、データカードを基にした定 性的記述研究である。データは、連続視聴から抜粋し、表現の機能と意思 を語用論を用いて分析した。表現理論では、アウスティン(1965)、表現意思では、サーレ(1979の理論を参考にした。この結果、特定の目的として使用される表現形式は22例あり、意味は 7例認められた。謝罪、感謝、同情、様態、挨拶、願望のつに分類 7挑戦にされた。1) ごめんなさい、2)有難う、3) 悔い、4)  非難、5) 誤解 6) 懇願、7)  切願望、 8) 対すである。

 

キーワード     : 語用論、特定目的表現、表現意思

References

Austin, J.L. 1995. How To Do Things with Word. London : Oxford University Press.

Astawa, Putu Yogi. 2013. Tindak Tutur Ekspresif Dalam Film My Boss My Hero. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Universitas Pendidikan Ganesha.

Leech, Geoffery. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik (diterjemahkan oleh Oka). Jakarta: Universitas Indonesia.

Searle, John R. 1979. Exspression and Meaning. New York: Cambridge University Press.

Tarigan, H.G. 1986. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles