Representasi Kesetaraan Gender dalam Iklan Mcdonald’s Anime 2 (2016)

Authors

  • Bella Mutiara Zuhri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Cheryl Teendrata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Eni Meinawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i3.34523

Keywords:

Representasi, Kesetaraan Gender, Iklan, Roland Barthes.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan makna representasi kesetaraan gender pada iklan McDonald’s Anime 2 (2016) yang dibuat oleh pihak McDonald dengan melakukan kerja sama dengan pihak Studio Colorido sebagai produser anime, personel AKB48 Yui Yokoyama, dan Team 8 Rin Okabe sebagai pengisi suara dalam iklan. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif semiotika Roland Barthes yang mengacu pada sistem pemaknaan denotasi, konotasi, dan mitos yang dapat digunakan dalam mengenali dan memahami tanda-tanda serta makna yang ditampilkan dalam iklan McDonald’s Anime 2 (2016) sebagai objek penelitian. Tanda yang ditemukan dlam penelitian berupa tanda Violet (tokoh utama) dan General Manager Hoshino (Senpai) sebagai kaum perempuan mempunyai kebebasan untuk memilih dan melakukan pekerjaan publik yang biasanya dilakukan oleh laki– laki.

References

Amada, S., Yamamoto, T., and Tanaka, R., “Jibun rashiku ikiru: Shifting gender norms in modern Japan,” Cultural Dynamics, vol. 17, no. 1, pp. 56–70, 2023.

Belarmino, R. A. and Roberts, E., “Women and work-life balance in Japan: A historical perspective,” Journal of Asian Studies, vol. 78, no. 5, pp. 842–860, 2019.

Dalton, K., “Feminism and economic policies in Japan: An analysis of Abe’s administration,” Gender Studies Quarterly, vol. 22, no. 2, pp. 143–159, 2017.

Dharma, A., Watanabe, H., and Liu, C., “Abenomics and gender equality: The integration of women in the Japanese workforce,” Economic Policy Review, vol. 35, no. 3, pp. 299–317, 2018.

Griffin, E., A First Look at Communication Theory, 8th ed. New York, NY, USA: McGraw-Hill, 2012.

Hatam, A. and Al-Ghabra, A., “Signifiers and signified: Semiotical perspectives in visual culture,” International Journal of Media Studies, vol. 8, no. 2, pp. 123–135, 2021.

Och, M. and Shames, S. L., The Right Women: Republican Party Activists, Candidates, and Legislators. Santa Barbara, CA, USA: Praeger, 2018.

Tabassum, S. and Nayak, S., “The evolution of Ryousai Kenbo: Gender roles and domesticity in Japan,” Asian Cultural Studies Journal, vol. 15, no. 4, pp. 278–289, 2021.

Tritt, R., “Advertising as cultural expression: Understanding social codes in advertisements,” Journal of Marketing and Media, vol. 12, no. 3, pp. 45–60, 2009.

Yan, L. and Ming, Z., “Semiotic analysis in media: Denotation, connotation, and myth,” Visual Communication Review, vol. 10, no. 4, pp. 215–227, 2015.

Downloads

Published

2024-11-28