REPRESENTASI MAKNA KEHIDUPAN DALAM LAGU “TEGAMI” KARYA ANGELA AKI

Authors

  • Dwi Nita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lidia Elo Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.34816

Keywords:

Semiotika, Kehidupan, Roland Berthes, Lirik lagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna kehidupan pada lagu “Tegami” karya Angela Aki dan penggunaan kata人生 sebagai gambaran kehidupan melalui analisis semiotika Roland Berthes. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode analisis isi dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang menjelaskan tentang makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Hasil kajian semiotika pada lagu “Tegami” karya Angela Aki menggambarkan tentang kehidupan para remaja maupun orang dewasa yang tidak bisa lari dan menghindar dari kepedihan, tantangan, rintangan, kecewa, sakit hati, suka dan duka karena hidup sendiri ibarat roda yang berputar kadang kita akan tertawa bahagia ketika kita berada di atas, kadang kita juga akan menangis ketika kita harus tergilas roda yang sama. Hal ini ditandai dengan beberapa lirik yang menjadi tanda utama dari lagu “tegami” karya Angela Aki mulai dari kutipan surat, mimpi, hidup, luka, senyuman, dan bahagia.  

References

A. Asriningsari, dan N. M. Umaya, Eds. Semiotika Teori Dan Aplikasi Pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press, 2018.

A. D. Aritonang, dan B. D. Y Dobo, “Analisis semiotika Roland Barthes terhadap lirik lagu band Noah ‘Puisi Adinda’,” Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Vol 4, No 2, 2019.

A. Nathaniel dan A. W. Sannie, “Analisis semiotika makna kesendirian pada lirik lagu ‘Ruang Rindu’ karya Tulus,” Semiotika, Vol. 19, No. 2, pp. 107-117, Juli 2018. [online]. Tersedia: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/index.

N. Lustyantie, “Pendekatan semiotik model Roland Barthes dalam karya sastra Perancis,” dipresentasikan pada Seminar Nasional FIB UI, Depok, 19 Desember 2012.

R. A. Antika, N. Ningsih, dan I. Santika, “Analisis makna denotasi, konotasi, mitos pada lagu ‘Lathi’ karya Weird Genius,” Asas : Jurnal Sastra, Vol 9, No 2, 2020.

R. Adi, dan Dheni, “Analisis semiotika makna kerinduan pada lirik lagu ‘Hanya Rindu’ karya Andmesh Kamaleng,” Jurnal Metabasa, Vol. 2, No. 2, pp. 65-68, 2020.

R. F. Budiman, dan M. Christin. Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Lirik Lagu ‘Peradaban’ Karya Grup Band Feast. e-Proceeding of Management, Vol 8, No 2, April 2021. [online]. Tersedia: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14834/14611

R. Septiana, L. M. V. Kalangi, dan D. R. Timboeleng, “Makna denotasi, konotasi dan mitos pada film who am I kein system ist sicher (suatu analisis semiotik),” Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Sam Ratulangi, Vol. 2, No. 1, pp. 1-13, 2019. [online]. Tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/24151.

S. Iswidayati, “Roland Barthes dan mitologi,” Jurnal Imajinasi, Jilid 2, Terbitan 2, 2006.

Solihin, dan Gilang, “Representasi theis dalam lirik lagu syair Manunggal karya Cupumanik,” Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 4, No. 1, p. 46, 2018.

Downloads

Published

2022-02-26

Issue

Section

Articles