DAMPAK METODE GALLERY WALK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI JURUSAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI BALI

Authors

  • Kanah Kanah Politeknik Negeri Bali
  • Wahyuning Dyah Politeknik Negeri Bali
  • Lien Darlina Politeknik Negeri Bali
  • Solihin Moelyadi Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i2.35147

Keywords:

gallery walk, metode pembelajaran, bahasa jepang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan metode Gallery Walk dalam Pembelajaran bahasa Jepang di Jurusan Pariwisata, Poiteknik Negeri Bali. Penelitian ini bermanfaat untuk dijadikan referansi untuk semua pengajar dalam mempelajari metode Gallery Walk dan mengimplementasikannya kedalam kelas. Demikian juga untuk pembaca yang ingin mengetahui mengenai dampak penggunaan metode Gallery Walk dalam pembelajaran bahasa Jepang. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pariwisata tahun pertama semester dua yang telah menerima pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan metode Gallery Walk. Data penelitian ini berupa hasil kuesioner yang telah dibagikan kepada sampel untuk kemudian dijabarkan agar dapat diketahui dampak penggunaan metode Gallery Walk dalam Pembelajaran bahasa Jepang di Jurusan Pariwisata, Poiteknik Negeri Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalihan metode pembelajaran bahasa Jepang dari metode ceramah ke metode Gallery Walk membawa perubahan yang signifikan terhadap minat belajar mahasiswa. Begitu pula dengan meningkatnya kreatifitas, keberanian untuk berbicara di depan kelas, dan kerjasama dalam kelompok.

Author Biographies

Kanah Kanah, Politeknik Negeri Bali

kanah@pnb.ac.id

Wahyuning Dyah, Politeknik Negeri Bali

dyah@pnb.ac.id

Lien Darlina, Politeknik Negeri Bali

darlina@pnb.ac.id

Solihin Moelyadi, Politeknik Negeri Bali

solihinmoelyadi@gmail.com

References

Ambarini, N. Ariyanto, J. & Rosyidi, A. (2013). Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal Bio-Pedagogi. Vo. 2. No. 1.

Chatif, Munif. 2012. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa Learning.

Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 1.

Gufron, Moch. 2011. Implementasi Metode Gallery Walk dan Small Group Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII E di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kusyairy, U. 2014. Psikologi Belajar Panduan Praktisi untuk Memahami Psikologi dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Manik, Yuni Mariani. Bangun, Darwin. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA NEGERI 1 Perbaungan. Equilibrium. Vol. 7. No 2.

Marteja, Sigit. 2020. Model Pembelajaran Gallery Walk Pada Mata Pelajaran Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Di SMAN 1 Rejang Lebong. Jurnal Promosi: Jurnal Ilmu Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol. 8. No. 1.

Marteja, Sigit. 2020. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntasi Materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Siswa Kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Perspektif Pendidikan. Vol. 14. No. 1.

Nur, Mohammad. 2012. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PPS IKIP.

Rustam, dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Biologi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol. 5. No. 1.

Satori, Djam’an, dan Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, Wawan. Nurasiah, Hani. 2018. Galery Walk Dalam Aktivitas Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education. Vol. 1. No. 1.

Silberman, M. 2015. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Edisi Revisi. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles