PENGEMBANGAN BUKU SAKU BAHASA JEPANG PARIWISATA UNTUK CADDY DI NIRWANA BALI GOLF CLUB

Authors

  • Ni Wayan Nilawati
  • Kadek Eva Khrisna Adnyani
  • Ni Nengah Suartini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i2.36369

Keywords:

Pengembangan Media, Buku Saku, kosakata bahasa Jepang Pariwisata

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku saku bahasa Jepang pariwisata yang sesuai dengan kebutuhan caddy di Nirwana Bali Golf Club. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Dalam penelitian ini, digunakan metode (1) observasi lapangan, (2) wawancara, (3) kuesioner berupa angket uji ahli (aji ahli materi, uji ahli media dan uji ahli kelayakan) untuk membantu proses pengembangan dan perbaikan produk. Berdasarkan angket uji ahli, total skor untuk ahli materi adalah 85 % dengan kualifikasi ‘baik’, total skor untuk ahli media adalah 80 %  dengan kualifikasi ‘baik’ dan total skor untuk ahli uji kelayakan adalah 92 % dengan kualifikasi ‘sangat baik’. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku saku bahasa Jepang pariwisata untuk caddy di Nirwana Bali Golf Club sudah sesuai standar serta siap digunakan untuk membantu caddy dalam memahami serta mengaplikasikan penggunaan kosakata bahasa Jepang pariwisata secara komunikatif.

 

Kata Kunci : Pengembangan Media, Buku Saku, kosakata bahasa Jepang Pariwisata.

 

要旨

 

本研究の目的は、ニルワナバリゴルフクラブのキャディーのニーズに合った日本の観光ポケットブックを開発することである。研究で使用した開発モデルはADDIE (分析、設計、開発、実装、評価) である。本研究で使用するモデルは (1) 現地観察、(2) インタビュー、(3) 専門家への試験質問票 (内容、メディア、資格の専門家) 製品の開発および改善プロセスをサポートするために使用されである。専門家への質問に基づくと、内容の専門家の合計スコアのパーセンテージは85パーセンテージ「良い」、メディア専門家の合計スコアのパーセンテージは80パーセンテージ「良い」資格である、書籍適格性テストは 92パーセンテージ「とても良い」 資格であった。 それに、データ分析の結果から、ニルヴァーナバリゴルフクラブでの日本のキャディートラベルポケットブックの開発は基準を満たしていると結論付けることができである。キャディがコミュニカティブな日本の語彙を理解して適用するのを助けるために使用する準備ができる。

 キーワード : メディア開発、ポケットブック、日本の観光語彙。

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmani, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dharmini, Ary. 2018. "Pengembangan Buku Panduan "Scuba Diving Nihon Go Kaiwa" Untuk Instruktur Diving Di Matahari Dive Tulamben". Widya Laksana, Volume 4, Nomor 3 ( hlm. 273 ).

Japan Foundation. 2020. “SURVEY REPORT ON JAPANESE-LANGUAGE EDUCATION ABROAD 2018”. Tersedia pada http://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey18.html ( diakses tanggal 6 Maret 2021).

Pribadi. 2009. Model Design Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Putra. 2013. Research and development. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

TripAdvisor. 2019. “Destinasi Populer Dunia”. Tersedia pada

https://www.tripadvisor.co.id/TravelersChoice-Destinations.html (diakses tanggal 6 Maret 2021).

Downloads

Published

2021-07-24

Issue

Section

Articles