PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS E-LEARNING DI SMA KOTA SINGARAJA

Authors

  • Komang Uli Tusaning Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i3.38040

Keywords:

コロナウイルス, イーラーニング, 教師の認識

Abstract

本研究の目的はシンガラジャ市の高等学校におけるコロナウイルスの中で高等学校のイーラーニングに基づく日本語学習に対し教師の知覚を分析するためである。研究の対象はシンガラジャ市の高等学校においての11名日本語教師である。データ収集方法はアンケート及び、インタビューである。そのデータを定性的記述法により分析した。調査結果は11名の教師によるとその73%かイーラーニングに基づく日本語学習は難しいと認識している。授業計画には平均で68%点「難しい」、授業の実現には平均で74%点「難しい」、授業の評価には平均で75%点「難しい」と認定された。

References

Adawi, R. 2008. Pembelajaran Berbasis E-learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. No 69, TH. XXXV.

Anggianita, S., Yusnira., & Rizal, M.S. 2020. Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, Volume 1, Nomor 2 (hal 177-182)

Arifin, H.S., Sukati. 2020. Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Literasi, Volume XI, No.2 (hal 150-158)

Arkorful, V., Abaidoo, N. 2014. The role of E-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education and Research, Vol. 2 No. 12 (hal 394-410)

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan, Ilmu ekonomi dan Ilmu Sosial. Volume.10, No 1.

Hendrastomo, G. 2008. Dilema dan Tantangan E-learning (the dilemma and the challenge of E-learning). Majalah Ilmiah Pembelajaran, Volume 4, No.1, (hal 1-13)

KBBI, 2020. Pengertian Persepsi. Tersedia pada https://kbbi.web.id/persepsi (diakses pada tanggal 26 Juli 2020).

Kusmana, A. 2011. E-learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Volume 14. No. 1 (hal 35-51)

Mardani, D.M.S., Sadyana, I.W., & Adnyani, L.D.S. 2020. Learning Japanese Language Based on 2013 Curriculum at Elementary Schools in Bali. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 246-251.https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200115.040 (diakses tanggal 16 Agustus 2020).

Mardani, D.M.S., Padmadewi, N.N. 2020. The Perception of Japanese Language Education Students About Microteaching. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang, Vol. 05, No. 02, December 2020, pp. 69-81. https://doi.org/10.17509/japanedu.v5i2.27493 (diakses tanggal 16 Agustus 2020).

Mulyasa, H.E. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Padmadewi, N.N., Mardani, D.M.S, 2016. Microteaching Untuk Menyiapkan Guru Bahasa Jepang Yang Profesional. Singaraja: Undiksha Press

Suharwoto, G. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pendemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19-tantangan-yang-mendewasakan (diakses tanggal 28 Juli 2020).

Downloads

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles