PENGGUNAAN STRATEGI METAKOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FKIP UNIVERSITAS RIAU

Authors

  • Novia Pratiwi Riau University
  • Nana Rahayu Universitas Riau
  • Dini Budiani Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i3.40222

Keywords:

Strategi Oxford, Strategi Belajar Bahasa, Penggunaan Strategi Metakognitif

Abstract

Strategi metakognitif merupakan salah satu strategi belajar bahasa yang digunakan  oleh pembelajar bahasa asing yang berhubungan dengan fokus pada pembelajaran, perencanaan dan evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi metakognitif mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. Metode pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil data deskriptif kuantitatif  menunjukkan bahwa semua indikator strategi metakognitif termasuk kategori tinggi. Pada indikator fokus pembelajaran didapatkan hasil dengan nilai rata-rata (3.51); indikator perencanaan (3.51) dan pada indikator evaluasi (3.57). Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan strategi metakognitif mahasiswa pendidikan bahasa Jepang berada dalam kategori tinggi untuk semua indikator strategi metakognitif, yaitu fokus pada pembelajaran, perencanaan dan evaluasi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi metakognitif digunakan secara merata oleh mahasiswa pendidikan bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. 

Author Biographies

Nana Rahayu, Universitas Riau

Prodi Pendidikan bahasa Jepang

Dini Budiani, Universitas Riau

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang

References

Budiani, D., & Isnaini, Z. L. 2020. Penggunaan Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang: Kenapa Ada Pembelajar yang Berhasil dan Gagal? Lokakarya dan Webinar “Strategi Pembelajaran Mandiri Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang”.

Deming, W. Edwards. (1994). Guide to Quality Control. Cambirdge: Assachussetts Institute Of Technology.

Djamarah, S. B., & Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta hal. 5

Gusriana, V. 2012. Learning Strategies Adopted by the Students in Learning English Language at the English Education Study Program of FKIP Universitas Bengkulu in the 2011/2012 (Thesis). Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu.

O’Malley, J. M., & A. Chamot. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Oxford, R. L. 1990. Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. Boston: Heinle and Heinle Publishers.

Rubin, J. 1975. What the “Good Language Learner” Can Teach Us. TESOL quarterly, 41-51.

Rustam, N. S., dkk. 2016. The Language Learning Strategies Used by Students of Merchant Marine Studies Polytechnics Makassar. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 2(2), 77-94.

Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugeng, B. 2004. Strategi Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Kaitannya dengan Faktor-Faktor Demografik pada Pembelajar Dewasa. Jurnal Diksi, 11(1), 72-90.

Suwartika, Y. 2019. Strategi Belajar Siswa SMA Lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3. Hikari, 3(2).

Tyacke, M. & Mendelsohn, D. 1986. Student needs: cognitive as well as communicative. TESL Canada Journal, 1, 177-198.

Vindayani, F. 2019. Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Menurut Model Oxford. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 50-55.

Wenden, A. L. 1998. Metacognitive Knowledge and Language Learning. Applied linguistics, 19(4), 515–537.

Werdiningsih, D. 2015. Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).

Widharyanto, B. 2020. Gaya Belajar dan Strategi Belajar Bahasa Mahasiswa Etnis Papua. I. E. Santosa, Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, 145-163.

Downloads

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles