ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP PADA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X BAHASA SMAN 1 BATU

Authors

  • Pratika Fitri Milenia Brawijaya University
  • Ulfah Sutiyarti Universitas Brawijaya
  • W Rini SMAN 1 Batu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.40873

Keywords:

media mind map, minat, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media mind map dalam pembelajaran bahasa Jepang siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Batu yang dilakukan secara daring. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 Agustus – 11 September 2021 dengan responden yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Angket disebar kepada responden dengan menggunakan Google Form. Kemudian data diperkuat dengan metode wawancara. Penelitian ini menggunakan empat indikator minat belajar, yaitu perasaan senang, ketertarikan, penerimaan, dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media mind map membuat siswa dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran. Indikator perasaan senang, media mind map dapat meningkatkan minat, motivasi, dan menyenangkan. Indikator ketertarikan, meningkatkan fokus dan menarik dalam pembelajaran. Indikator penerimaan, media mind map mudah dipahami dan diterima. Keterlibatan siswa, media mind map mempermudah mengingat kosakata bahasa Jepang.

Author Biography

Pratika Fitri Milenia, Brawijaya University

MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

References

A. Cahyani, I. D. Listiana, S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Islam., vol. 3, ,no. 1, pp. 123-140, 2020.

A. Susanto, “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013

E. Prihatini, “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA,” Jurnal Formatif., vol. 7, no. 2, pp. 171-179, 2017.

E. B. Hurlock, “Perkembangan Anak, edisi keenam”. Jakarta: Erlangga. (2013)

I. P. A. Santoso, E. Christiana, “Metode Mind Mapping dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kamal,” 0062/FIP-BK/2019, Universitas Negeri Surabaya, 2019.

J. Anand, “PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XII Tata Boga di SMKN 15 Bandung),” Institutional repositories & scientific jurnal. 2020

K. Alfisyahriya, “Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SD,” 158620600145/6 /B1/S-1, PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

M. Lutfi, “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTsN Jambewangi,” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial., vol. 4, no.1, pp. 14-20, Des, 2017.

N. Ambarini, A. Rosyidi, J. Ariyanto, “Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 5 Surakarta,” BIO-PEDAGOGI., vol. 2, no. 1, pp. 77-87, Apr, 2013.

R. Yunitasari, U. Hanifah, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19,” Jurnal Ilmu Pendidikan Research & Learning in Education., vol. 2, no. 3, pp. 232-243, 2020.

S. Susanti, “Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar., vol. 1, no. 1, pp. 25-37, Des, 2016.

Slameto, “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta: Rineka Cipta. 2015.

Suyono & Hariyanto, “Implementasi Belajar & Pembelajaran,” Bandung: Remaja Rosdakarya. 2015.

Downloads

Published

2022-02-26

Issue

Section

Articles