ANALISIS RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP MAHASISWA PRAKTIKAN P4 PADA PEMBELAJARAN DARING SMA

Authors

  • Ade Palupi Septyaningtyas Brawijaya University
  • Rike Febriyanti Universitas Brawijaya
  • W T Andajani SMAN 2 Batu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.41359

Abstract

Semenjak terjadinya pandemi covid-19, proses pembelajaran yang awalnya luring berubah menjadi daring sebagai alternatif yang harus dilaksanakan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon peserta didik terhadap mahasiswa praktikan P4 pada pembelajaran daring SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket yang dibagikan melalui platform Google Formulir untuk memudahkan peneliti maupun responden untuk menjawab pertanyaan pada kuesioner/angket tanpa harus melakukan tatap muka karena dikhawatirkan akan terjadi penyebaran virus corona. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan 4 kategori skala likert, yaitu Sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Dengan menggunakan 4 kategori diatas peneliti membuat 10 pernyataan yang harus diisi oleh sampel/responden. Dari 4 kategori diatas akan dikelompokkan menjadi 2 respon positif dan negatif. Kemudian dicari rata-rata persentase respon dengan membagi jumlah persentase respon dengan jumlah pernyataan dalam angket. Berdasarkan hasil penelitian, 21 peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 02 Batu memilih jawaban setuju mengenai respon terhadap mahasiswa praktikan P4 pada pembelajaran daring dan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase 98.6% jawaban bernilai positif (untuk opsi sangat setuju dan setuju) dan 1.4% jawaban bernilai negatif (untuk opsi tidak setuju dan sangat tidak setuju) dari hasil respon peserta didik.

 

Kata kunci: respon peserta didik, mahasiswa praktikan P4, pembelajaran daring

References

A. S. Setiawati, Teknik Pembelajaran Bahasa Jepang: Teori dan Contoh Praktik Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Magna Raharja Tama, 2019.

H. N. Arifin, “Respon siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan,” Widya Balina: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi, Vol. 5, No. 9, 2020.

I. O. Handarini, dan S. S. Wulandari, “Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8, No. 3, pp. 496-503, 2020.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

P. Purniawan, dan W. Sumarni, “Analisis respon siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2020, pp. 784-789.

R. M. B. Saragih, dkk., “Respon siswa Mts swasta Ai-UMM terhadap pembelajaran daring selama pandemi corona,” Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 2, pp. 1729-1738, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2019

S. Sukamto, Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali, 1985.

Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Downloads

Published

2022-02-26

Issue

Section

Articles