PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BERBAHASA JEPANG PADA SISWA SMA KELAS XI IPB DI SMAN 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • NI PUTU AYU AGUSTINI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan menulis karangan berbahasa Jepang pada siswa SMA kelas XI IPB di SMAN 1 Kubutambahan tahun ajaran 2013-2014 dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media gambar berseri, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pemberian tugas dan penggunaan media gambar berseri dalam proses pembelajaran menulis karangan berbahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kubutambahan Kelas XI IPB tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, dengan instrumen penelitian yaitu tes menulis karangan berbahasa Jepang, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil tes menulis karangan berbahasa Jepang menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya yakni pada saat pre test rata-rata nilai siswa adalah 59, saat post test siklus I rata-rata nilai siswa adalah 80 dan saat post test siklus II rata-rata nilai siswa adalah 86, (2) pada hasil angket dan wawancara secara umum dinyatakan bahwa peningkatan kemampuan menulis karangan berbahasa Jepang terjadi karena penerapan metode pemberian tugas dan penggunaan media gambar berseri.
Kata Kunci : Metode pemberian tugas, media gambar berseri, kemampuan mengarang

この研究の目的は (1) 連続カードの使用と演習課題による同校学習者の日本語作文力を向上させること、(2) 同校学習者がこの連続絵カードおよび演習課題を行った場合の反応を明らかにすることである。この研究の対象は2013年度クブタンバハン国立第一高等学校言語コース11年生26名である。この研究材料は日本語作文テスト、アンケート、インタビューを用い、それを定性定量的記述法により分析した。この研究の結果(1) テストの結果、プレテストの平均点は59 点、第一周期終了時の平均点は 80 点、第二周期終了時が 86 点であった、(2) アンケートおよびインタビューの結果、学習者は作文力が向上したと感じている。以上から連続絵カードと演習課題は日本語作文能力を向上させるため有効である。
keyword : 演習課題、連続絵カード、作文能力

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles