IMPLEMENTASI INSERSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

Authors

  • NI G.A. KADEK YOGI PURNAWATI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) insersi pendidikan karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang, (3) evaluasi pembelajaran bahasa Jepang berinsersi pendidikan karakter, dan (4) monitoring dari pihak sekolah dan pengawas sekolah terkait insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Jepang dan siswa kelas XII.Bahasa di SMA Negeri 1 Busungbiu dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, analisis dokumen dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Busungbiu belum mampu menginsersi pendidikan karakter dalam komponen rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang. Guru juga belum mampu mengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran berinsersi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran. Guru masih terfokus dengan materi ajar sehingga belum memasukkan nilai pendidikan karakter ke dalam asesmen pembelajaran. Monitoring pihak sekolah dan pengawas sekolah belum tersistem dengan baik.
Kata Kunci : pendidikan karakter, deskriptif kualitatif

この論文の目的は(1)教案にキャラクター教育を挿入すること、(2)日本語学習におけるキャラクター教育の挿入実施、(3)キャラクター教育の挿入した日本語学習の評価、(4)学校側と学校の校門者の日本語学習にキャラクター教育を挿入した際のモニトリングを知ることである。研究の対象はブスンビュー国立第一高等学校言語コース12年生である。データはアンケート、インタビュー、文書解析、観察により収集し、それを定性的技術法により分析した。研究の結果、指導者が教案にキャラクター教育を挿入することがまだ不充分である。その実施もまだ不充分である。指導者はキャラクター教育挿入以前の教材に重点をおいているため評価することが困難である。校長と学校の校門者がモニトリングをシステムをまだ確立できないと考えられる。
keyword : キャラクター教育、定性的記述

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles