KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • MADE KRISTIAN BUDIANI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4189

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kompetensi pedagogik dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dalam melaksanakan pembelajaran dilihat dari persepsi mahasiswa semester 2 dan mahasiswa semester 8, (2) mengetahui penilaian dosen yang bersangkutan tentang kompetensi pedagogik mereka dalam melaksanakan pembelajaran, (3) mengidentifikasi masukan mahasiswa semester 2 dan mahasiswa semester 8 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Data diperoleh dari kuesioner dan wawancara. Selanjutnya dianalisis dengan mengabungkan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa semester 2 dan semester 8 menunjukkan hasil yang sangat berbeda. Untuk mahasiswa semester 2, secara umum hanya 2 orang dosen yang dikatakan belum memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Sedangkan persepsi mahasiswa semester 8, semua dosen belum memiliki kompetensi pedagogic yang baik. (2) Penilaian diri yang dilakukan dosen menunjukkan bahwa semua dosen sudah memiliki kompetensi pedagogik yang baik dalam melaksanakan pembelajaran. Meskipun demikian mereka juga merasa masih perlu untuk meningkatkan beberapa aspek kompetensi pedagogik yang mereka miliki. (3) Komentar dan saran mahasiswa semester 2 dan semester 8 secara umum adalah agar dosen lebih meningkatkan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran, dan lebih disiplin waktu saat mengajar.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, pembelajaran, Bahasa Jepang.

この研究の目的は(1)八学期生と二学期生から見た講義における講師の教育学的能力を知る。(2) 講義における講師の教育学的能力の評価。(3) 講義の質を高めるために八学期生と二学期生から与えられた提言を確認することである。データはアンケートおよびインタビューにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。研究の結果は次の通りである。八学期生と二学期生の提言は異なる結果を示した。二学期生にとって、一般的には3つだけ教師は良好な教師的な能力を持っていると言われている。八学期生にとって、すべての教師は良好な教育的能力を持っていない。教師の自己評価おいて、日本語教育の講師達は良好な教育的能力を持っている。しかし講師達はまた教育的能力を高める必要性も感じている。一般的に八学期生と二学期の学習者の意見は講義における講師の教育学的能力は徐々に高まっており、授業の規律も高まっているというのであった。
keyword : 教育学的能力、講義、日本語。

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles