KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • PUTU PRATIWI PUJI LESTARI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4190

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dalam melaksanakan pembelajaran dilihat dari persepsi mahasiswa semester enam yang diajar, (2) Untuk mengetahui penilaian dosen yang bersangkutan tentang kompetensi pedagogik mereka dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Untuk mengidentifikasi masukan mahasiswa semester enam Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester enam dan dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang pada tahun ajaran 2013/2014. Data yang didapat dari metode kuesioner dan wawancara selanjutnya dianalisis dengan menggabungkan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi pedagogik dosen jurusan pendidikan bahasa Jepang dalam melaksanakan pembelajaran dilihat dari persepsi mahasiswa semester enam yang diajar, hanya satu dosen yaitu dosen ke-5 yang dianggap sudah memenuhi kriteria pedagogik seorang dosen, sedangkan empat dosen lain yaitu dosen 1, dosen 2, dosen 3, dan dosen 4 dianggap masih belum memenuhi kriteria pedagogik sebagai seorang dosen. (2) Penilaian diri dosen tentang kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran sudah memperoleh hasil yang baik, hanya dosen 1 yang merasa dirinya kurang mampu dalam aspek mampu mengembangkan kurikulum. (3) Komentar dan saran mahasiswa secara umum ialah kompetensi pedagogik dosen dalam hal pembelajaran kurang dan perlu ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, pembelajaran, Bahasa Jepang.

この研究の目的は,(1)弟6学期生の学習者から見た講義における講師の教育学的能力を知る。(2)講義における講師の教育学的能力にする講師の評価。(3)講義の質を高めるため第6学期生に与える提言を確認することである。研究の対象は、2013年度日本語教育学科第6学期生と講師である。データはアンケートおよびインタビューにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。 研究の結果は次の通りである。(1) 第6学期の学習者から見た講師の教育額的能力は、5名の講師のうち1名のみが能力を満たし、他の4名についてはまだ能力が不充分であるという結果が出た。(2) 講師自身による評価は。4名が充分。1名がカリキュラムに沿った指導にあいてまだ不充分という結果であった。(3) 相対的に学習者は、講師の教育額的能力がまだ不足していると感じており。さらに高める必要があると感じている。
keyword : 教育額的能力、学習、意見

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles