PENERAPAN TEKNIK DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF KATAKANA SISWA KELAS XI IA 4 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • NI MADE MASYUNI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui: (1) penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis, (2) respons siswa terhadap penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 4 SMA N 2 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, kuesioner, dan wawancara terhadap guru serta siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik drill dapat meningkatkan kemampuan menulis katakana. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan rata-rata nilai tes tulis yaitu sebesar 9,7. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 75,93 dan siklus II nilai rata-rata siswa 85,63, (2) Respons siswa terhadap penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf katakana adalah positif.
Kata Kunci : katakana, teknik drill

この研究の目的は、(1)学習者の表記能力を向上させるためのドリルテクニックの使用、(2)ドリルテクニックを使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は、2013年度シンガラジャ国立第二高等学校理系コース11年生4組の30名である。調査データは、授業視察、テスト、アンケート、インタビューにより収集した。それを定性、定量的記述法によって分析した。分析の結果、(1)ドリルテクニックの使用が、学習者のカタカナ表記能力を高めるのに有効である。これは、第一周期終了後のテストの平均点が75,93点、これに対し第二周期終了後のテス の平均点は85,63点で9,7ポイント上昇したことから言える、(2)学習者の反応も良好であった。
keyword : カタカナ、ドリルテクニック

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles