PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X5 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • PUTU INDAH BUDI SUSARI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan teknik permainan bingo dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang, (2) mengetahui respon siswa terhadap permainan tersebut. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes, angket dan wawancara.. Hasil penelitian menunjukkan (1) berdasarkan hasil tes pada Siklus I, skor tertinggi yang diperoleh adalah 92 dan terendah 42 dari skala 100 dengan rata-rata 72. Berdasarkan hasil tes pada siklus II, skor tertinggi adalah 100 dan terendah 75 dengan rata-rata 89. Sesuai dengan KKM sekolah (75) subjek penelitian mencapai ketuntasan 100% pada akhir siklus II sehingga permainan bingo terbukti dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Sukasada, (2) berdasarkan hasil angket dan wawancara, respon siswa terhadap permainan bingo yaitu, siswa merasa senang terhadap penggunaan permainan bingo dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang.
Kata Kunci : kosakata bahasa Jepang, permainan bingo

この研究の目的は(1)日本語の語彙学習にあけるビンゴの使用状況、(2)この方法を使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は2013年度スカサダ国立第一高等学校10年5組の19名である。この研究は実践研究である。データはテスト、アンケト、インタビユーにより収集した。調査の結果は(1)一周期終了時のテストの最高点は92点最低点は42点、平均点は72点であった。二周期終了時のテストの最高点は100点、最低点は75点、平均点は89点であった。当校の最低基準点が75点であることに対し100%の学習者が二周期終了までにクリアすることができた。これはビンゴを使用することで同校の学習者の日本語語彙力を向上させるのに有効であることが証明できた。(2)アンケト、インタビユーの結果同校学習者のビンゴ使用に対する反応は楽しく学習でき、日本語語彙力を増やす助けとなったというものだった。
keyword : 日本語語彙、ビンゴ

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles