PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN RANDOM AND PAIR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X7 SMAN 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • SANG NYOMAN OKA TRIDHARMA S. .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4208

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Sawan melalui penggunaan teknik permainan random and pair dan (2) untuk mengetahui respon siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Sawan terhadap penggunaan teknik permainan random and pair dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2013 / 2014, sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, (3) kuesioner, dan (4) wawancara. Data yang di dapatkan dari metode observasi dan wawancara selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Data yang didapatkan dari metode tes dan kuesioner dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian pada tes penguasaan kosakata bahasa Jepang dalam penggunaan teknik permainan random and pair menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase ketuntasan kelas sebesar 58% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan random and pair dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa, (2) Siswa merasakan manfaat dari penggunaan teknik permainan ini dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang yaitu pembelajaran menjadi semakin menarik dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
Kata Kunci : permainan random and pair, penguasaan kosakata, bahasa Jepang

この研究の目的は(1)サワン国立第一高等学校十年生の「ランダムとペア」ゲームを通いた、日本語語彙力の向上を知ること。(2)同上、学習者が「ランダムとペア」ゲームを授業内で使用した場合の反応を知る。ことである。この研究は二周期に渡る授業活動調査である。調査対象は二千十三年度サワン国立第一高等学校十年七組の二七名である。データ収集は(1)視察(2)テスト(3)アーケート(4)インタビュー行った。またデータの分析は視察およびインタビューでは定性的記述法、テストおよびアンケートーは定量的記述法を用いた。テストによる調査結果は(1)1周期終了時のテストでは向上率が58%、2周期終了時では100%であった。このことから「ランダムとペア」ゲームは学習者の日本語語彙力を高めるということやゆかる。(2)学習者はこのゲームが日本語語彙力を増やすために効果があると感じている。それはが学習が益々興味あるものとなり、教えられる内容が容易に理解できるようになったことでゆかる。
keyword : 「ランダムとペア」ゲーム、日本語、語彙力

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles