PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI BAHASA 2 SMAN 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • EKA ERVIN YUNI RUSTANTI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4210

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 3 Singaraja melalui penggunaan model pembelajaran word square dan (2) untuk mengetahui respon siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 3 Singaraja terhadap penggunaan model pembelajaran word square dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2013 / 2014, sebanyak 34 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, (3) kuesioner, dan (4) wawancara. Data yang di dapatkan dari metode observasi dan wawancara selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Data yang didapatkan dari metode tes dan kuesioner dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian pada tes penguasaan kosakata bahasa Jepang dalam penggunaan model pembelajaran word square menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase ketuntasan kelas sebesar 62% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran word square dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa, (2) Siswa merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaran ini dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang yaitu pembelajaran menjadi semakin menarik dan penguasaan kosakata siswa menjadi lebih baik.
Kata Kunci : model pembelajaran word square, penguasaan kosakata, bahasa Jepang

この研究の目的は(1)シンガラジャ国立第三高等学校言語コース11年生2組の「ワードスクエア」を通じた、日本語語彙力の向上を知ること。(2)同上学習者が「ワードスクエア」学習を授業内で使用した場合の反応を知ることである。この研究は2周期に渡る授業活動調査である。調査対象2013年度シンガラジャ国立第三高等学校言語コース11年生2組の34名である。データの収集は(1)視察(2)テスト(3)アンケートおよび(4)インタビューで行った。また、データの分析は視察およびインタビューで定性的記述法、テストおよびアンケートでは定量的記述法を使用した。テストによる調査結果は(1)1周期終了時のテストでは向上率が62%、2周期終了時では100%であった。この結果から「ワードスクエア」学習は学習者の日本語語彙力を高めるというがわかる。(2)学習者はこの学習が日本語語彙力を増やすために効果があると感じている。それは学習が益々興味あるものとなり。語彙力が増えていることからわかる。
keyword : 「ワードスクエア」学習、日本語、語彙力

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles