PENERAPAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS X BAHASA DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • NI PUTU EKA ERNAWATI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4213

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan strategi kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan berbantuan media audio visual, (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri atas 8 orang siswa (3 laki-laki dan 5 perempuan). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan (1) skor hasil menyimak siswa sebelum diadakan tindakan adalah 60,59, pada siklus I 82,49 dan pada siklus II 84,96, (2) respon siswa sangat baik terhadap penerapan strategi kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media audio visual pada pembelajaran menyimak. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa (1) terjadi peningkatan kemampuan menyimak setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan media audio visual, (2) siswa senang mengikuti pembelajaran menyimak. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti lainnya karena dapat digunakan sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran menyimak.
Kata Kunci : kemampuan menyimak, NHT, media audio visual

この研究の目的は(1)日本語聴解授業で使用するメデイア教材のNHTストラテジーを行った場合の学習者の聴解能力の向上をしること、(2)このストラテジーを用いた場合の学習者の反応明示することである。この研究の対象は2013年度シンガラジャ国立第一高等学校言語コース10年生8名である。また調査は二周期上司に渡る実践研究である。データは2回のテスト 授業視察アンケートによって収集し、それを定性的定量的記述法により分析した。研究の結果(1)このストラテジーを使用する前の予備テストの平均点が60,59点 第一周期終了後の平均点が 82,49点、第二周期終了後の平均点が 84,96点であった。(2)学習者の反応はとても良好であった。このことから、(1)メデイア教材のNHTストラテギは 学習者の聴解力を向上されるのにとても有効である、(2)このストラテジーによって学習者が聴解授業に興味を持つようになった。さらにこの学習法が聴解学習に効果あるものの一つとして指導者、学習者、他の関係者にとって効果をもたらすことがわかった。
keyword : 聴解能力、NHTストラテジー、メデイア教材。

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles