PENGGUNAAN STRATEGI MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI.2 DI SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • NI WAYAN ADE FITRIANI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4215

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujan untuk mengetahui (1) penggunaan strategi make a match dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang siswa, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap strategi make a match setelah diterapkan dalam proses pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.2 SMA Karya Wisata Singaraja yang berjumlah 54 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) hasil tes penguasaan pola kalimat bahasa jepang siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa kelas XI.2 pada tes menyusun kalimat adalah 80,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,4. Pada tes mengarang nilai rata-rata siswa kelas XI.2 pada siklus I adalah 75,9 dan meningkat pada siklus II menjadi 78,0 (2) respon siswa pada siklus I dan siklus II terhadap penggunaan strategi make a match adalah sangat positif yaitu diatas 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan penggunaan strategi make a match dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan pola kalimat bahasa Jepang.
Kata Kunci : Make a Match, Pola kalimat bahasa Jepang

要 旨 この研究の目的は, (1) 学習者の日本語文型理解を向上させるための(Make a Match)ストラテジーの使用, (2) 学習者が日本語文型学習過程後に(Make a Match) ストラテジーを使用した際の反応を明らかにすることである。研究の対象は2013年度シンガラジャカルヤウィサタ高等学校11年生 2組の,54 名である。調査にはテスト、観察、アンケートを使用した。この研究の結果は次の通りである。(1) 第一周期終了後の日本語文型理解テストの平均点は80,1点 第二周期終了後の平均点は82,4点であった。また作文でも平均点がそれぞれ75,9点、78点であった。(2) (Make a Match) ストラテジーに対する学習者の反応は 75% 以上が効果的であるというものである。このことから、日本語文型理解を高めるために使用する(Make a Match) ストラテジーであるということが習法は学習者にとっても有効であるということが言える。
keyword : (Make a Match) ストラテジー、日本語文型 理解

Published

2014-11-03

Issue

Section

Articles