PENGEMBANGAN BUKU KANTAN NA HIRAGANA UNTUK PEBELAJAR BAHASA JEPANG PEMULA

Authors

  • KOMANG TRI BUDI UTAMI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penulisan huruf Hiragana untuk pebelajar bahasa Jepang pemula yang sesuai dengan silabus SMA N 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Singaraja. Pengumpulan data melalui metode kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan angket yang diberikan kepada pengajar diketahui bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan dalam menghafal dan menulis huruf Hiragana, (2) berdasarkan angket yang diberikan kepada siswa diketahui bahwa siswa menginginkan buku latihan huruf Hiragana bergambar dan berwarna, urutan penulisan lengkap serta berisi contoh kosakata dan latihan menulis huruf Hiragana, (3) berdasarkan angket uji ahli, buku yang dibuat sudah sangat sesuai dengan silabus bahasa Jepang di SMA N 3 Singaraja.
Kata Kunci : Huruf Hiragana, Perangkat pembelajaran

この研究の目的はシンガラジャ国立対三高等学校日本語シラバスに沿った初級日本語学習者のひらがな表記のための教科書作成である。この研究はResearch and Developmentである。データは質疑により収集し、それを定性的記述法により分析した。研究の結果は以下の通りである。(1)指導者に対するアンケートでは学習者にとって書きにくい覚えにくいひらがながある。 (2)学習者に対するアンケートではひらがなを覚えるため、絵 カラー、書き順のわかる練習帳を望んでいる。 (3)専門家による質疑ではシンガラジャ国立対三高等学校日本語シラバスに充分適した教科書である。
keyword : ひらがな、学習教材

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles